Cycling Reference
Tips & Trick
Health & Fitness
Ensiklopedia
Bike Part & Review
Home » Tips & Trick

TIPS MENIKUNG (CORNERING) PADA SINGLE TRACK

Submitted by on 5 September 2011 – 09:22

TIPS MENIKUNG (CORNERING) PADA SINGLE TRACK ini sangat penting bagi cyclist yang tidak ingin kehilangan waktu karena sebab terlampau melebar, atau karena terlalu kaku mengendalikan sepedanya ketika memutar, menikung pada single track yang sempit.

Keterampilan dan kecepatan menaklukan single track dengan kecepatan memberikan kepuasan tersendiri bagi cyclist hobiis sekalipun. Bergerak melewati single track seperti aliran air sempurna, memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, tapi ini bisa dilatih Sob, dan ada langkah sederhana yang dapat kita lalukan untuk mendapatkan kemampuan tersebut.

Langkah pertama adalah untuk mempertimbangkan posisi tubuh kita. Coba perhatikan para pembalap motor GP dalam menaklukan tikungan, teori ketika kita bersepeda semestinya sama. Sepeda motor harus bebas bergerak, bersandar dari satu sisi ke sisi lain ketika melalui tikungan jalan.

Ini berarti posisi kita perlu rendah, center dan longgar dengan lengan dan lutut untuk memungkinkan mengendalikan pergeseran beban tubuh ke kiri dan ke kanan.

tips menikung pada single track

Kita harus mampu (dan berani) melayang-layang (bergerak bebas) di atas sadel daripada menekannya (mendudukinya) terlalu kuat yang justru menghambat pergerakan kita ketika menikung. Alih-alih kita justru mesti turun untuk membenarkan arah sepeda kita karena menikung terlampu lebar.

Pergerakan badan ini memang perlu terus dilatih tujuannya telah disebutkan, untuk memindahkan berat badan ke kiri dan kanan, semantara itu kaki kita tetap melakukan kayuhan ringan namun konsisten.

Demikian TIPS MENIKUNG (CORNERING) PADA SINGLE TRACK sederhana dari ThingsBike, selamat melatihnya dan Happy Cycling!

sumber gambar: bikeradar.com

Incoming search terms:

cornering sepedatrik corneringsepeda corneringcara bersepeda ketika di tikunngantrik cornering downhillteknik menikung di sepeda bmxteknik menghadapi tikungan (cornering) mtbteknik cornering sepedacara sliding sepeda mtbcara melewati tikungan tajam sepeda gunung

No Comment »

1 Pingbacks »

Leave a comment

Add your comment below. You can also subscribe to these comments via RSS

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar

You might also likeclose