Cycling Reference
Tips & Trick
Health & Fitness
Ensiklopedia
Bike Part & Review
Home » Tips & Trick

TIPS MEMILIH FRAME SEPEDA YANG TEPAT

Submitted by on 26 October 2011 – 10:59

TIPS MEMILIH FRAME SEPEDA sebenarya telah banyak diulas oleh Sobat cyclist, melalui forum maupun blognya. Rata-rata tips memilih ukuran rangka sepeda yang dianggap cocok dengan pengendaranya direlasikan dengan tinggi badan cyclist yang kemudian dinisbahkan dengan ukuran rangka sepeda S, M, L, XL. Kami pernah hal serupa dalam posting “Tabel Ukuran Frame Sepeda”.

Jika Sobat seorang perfeksionis, MEMILIH FRAME SEPEDA sejatinya bukan cuman perihal ukuran S, M, L atau XL. Akibat hal ini Seorang hobiis sampai-sampai berstatement “Memilih frame sepeda bisa dibilang, apa ya.. lebih kompleks dari menikahi seorang gadis”. Bisa saja Sobat bilang itu berlebihan..atau mungkin memang demikian adanya.

Karena begitu mendasarnya (pentingnya) pemilihan frame sepeda untuk mendapatkan efisiensi dan kenyaanan aktivitas gowes. Kami coba melengkapi TIPS MEMILIH FRAME SEPEDA yang pernah kami ulas sebelumnya dengan sebuah ulasan menarik yang pernah  dibahas dalam www.nordicskiersports.com

FAKTOR PENENTU KESESUAIAN FRAME SEPEDA

Tiap sepeda memiliki geometri sesuai tujuan penggunaannya (misal:XC, AM, FR, DJ, DH dst). Hal ini salah satu penyebab semua sepeda ukurannya berbeda,sehingga tidak ada satupun grafik yang bisa menyatakan hubungan antara tinggi badan dengan frame secara tunggal.

Untuk bisa menentukan frame yang akan kita pilih lebih tepat ada baiknya kita bisa melihat faktor penting apa saja yang harus dipertimbangkan, diantaranya:

Stand – over height

tips memilih frame sepeda

Harus ada jarak yang dari bagian atas frame (top tube) ke bagian tulang panggul pengendara, sehingga pengendara bisa nyaman pada saat turun ataupun berdiri diatas saddle dengan posisi kaki rata diatas tanah.akan tetapi jika kita sering berada diposisi daerah yang tidak rata, dan membutuhkan kenyaman dibanding jika kita mengendarai sepeda dijalan yang rata, kita bisa mempertimbangkan menggukan frame yang ukuran yang lebih besar.

Cockpit length

tips memilih frame sepeda

cockpit length adalah jarak antara sadle dan handle bar. ini juga bisa diartikan sebagai panjang efektif dari toptube, stem dan panjang sadle yang proporsional. cockpit lenght harus cukup panjang untuk memberikan ruang gerak (Clearence) bagi lutut dan siku ketika posisi kita saat mengayuh.dan pada umumnya untuk sepeda jalan raya dan mountain bike untuk cockpit lenght ini lebih pendek ketimbang sepeda hybrid.

Leg Extension

ketika kita duduk diatas sadle, posisi lutut kita agak membungkuk tetapi dengan kondisi lutut pada saat posisi sadle berada pada putaran bawah ( hampir lurus ). terlalu banyakan tekukan akan membuat sakit pada lutut dan  energi yang tersalurkan pada pedal kurang efisien.

bersambung….

Incoming search terms:

cara memilih frame sepedatips memilih frame sepedatips memilih frame sepeda mtbtips memilih frame mtbanimasi sepeda bergerakcara memilih frame sepeda mtbmemilih frame mtbcara memilih frame mtbtips memilih frame bmx yang baikmemilih frame mtb untuk am

1 Pingbacks »

    Leave a comment

    Add your comment below. You can also subscribe to these comments via RSS

    Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

    You can use these tags:

    <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

    This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar

    You might also likeclose