Cycling Reference
Tips & Trick
Health & Fitness
Ensiklopedia
Bike Part & Review
Home » Tips & Trick

TIPS MEMBERSIHKAN RANTAI SEPEDA

Submitted by on 20 December 2011 – 01:20

TIPS MEMBERSIHKAN RANTAI SEPEDA – Mungkin ini tips yang sangat mudah, namun sering ‘dilupakan’ oleh sebagian Sobat goweser. So, karena lupa, waktu gowes akhir pekan, ketika dikayuh sepeda sobat mengeluarkan bunyi ‘cit-cit’ atau ‘kretek-kretek’. Itu tandanya rantai kering, dan awas! jika dibiarkan kelamaan, rantai bisa ‘getas’ dan kalo putus di tengah trek so bikin susah bukan?

TIPS MEMBERSIHKAN RANTAI SEPEDA

Jadi, meski hal remeh-temeh, tidak salah jika Sobat baca kembali TIPS MEMBERSIHKAN RANTAI SEPEDA berikut.

Teknik Membersihkan Rantai Sepeda yang pertama. Dan inilah yang seringkali kita lakukan.

  1. Semprot rantai dengan ‘engine degreaser’, tujuannya adalah untuk ‘merontokkan’ bekas pelumas lama yang telah bercampur dengan debu sehingga membuat rantai kotor. Nah di sinilah fungsi degreaser. Ada sebagian goweser yang berpendapat jauhi ‘degreaser’ untuk membersihkan rantai karena ini yang bikin rantai kering. Bagi kami, penggunaan degreasrer tidak masalah, sepanjang langkah berikutnya kita lakukan, lanjut…
  2. Setelah didiamkan 2-3 menit, semprot dengan kucuran air, sikat sedikit seperlunya. Selain menggunakan degreaser pada rantai, bagian cassete juga memerlukan ‘sentuhan’ larutan ini, biar sekalian bersih Sob. Setelah semprotan air kita lakukan, kemudian seka/lap menggunakan kain kering atau sejenisnya.
  3. Tahap terakhir adalah semprot rantai dan cassete dengan pelumas khusus rantai. Pelumas khusus rantai lebih dianjurkan karena pelumas jenis ini akan meninggalkan lapisan tipis silicon, tidak menjadi kering dan kesat setelah waktu yang lama seperti. Dianjurkan pula menggunakan pelumas dengan kandungan wax karena sifatnya yang nampak kering/tidak basah yang justru mengundang debu cepat menempel pada rantai.

Cara Membersihkan Rantai di atas cukup simpel bukan. Namun demikian, ada lagi lho yang lebih praktis lagi. Teknik kedua ini ditempuh karena ‘konon’ teknik sebelumnya tidak mampu/perlu waktu banyak untuk ‘mengusir’ kotoran di sela-sela pin rantai sepeda. Oleh sebab itu, Yuk kita simak Tips Membersihkan Rantai Sepeda berikutnya.

  1. Lepas rantai menggunakan chain cutter (cukup modalin 20rb untuk beli chain cutter dan bisa Sobat pake seterusnya)
  2. masukkan rantai ke botol plastik bekas air mineral, yang telah diisi dengan minyak tanah (bensin juga boleh) setinggi 3-5cm. kocok-kocok botol, biarkan ‘minyak tanah’ atau ‘bensin’ dalam botol merontokkan kotoran yang melekat pada rantai sepeda.
  3. keluarkan, dan lap rantai dengan kain kering, (sebelum memasang rantai, pastikan Sobat juga membersihkan cassete ya) dan pasang kembali rantai pada sepeda.

Hmm..selesai! Sama-sama simpel bukan? Semoga TIPS MEMBERSIHKAN RANTAI SEPEDA di atas bermanfaat ya Sob, buat sepeda kita lebih awet, dan lebih nyaman ‘menemani’ kegiatan ‘weekend warrior’ kita. Happy Cycling!

Incoming search terms:

cara membersihkan rantai sepedacara merawat rantai sepedamerawat rantai sepedacara membersihkan rantai sepeda motorharga rantai sepedapembersih rantai sepedaharga rantai sepeda mtbperawatan rantai sepedacara membersihkan rantai sepeda mtbharga rantai sepeda motor

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> 

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

You might also likeclose