Cycling Reference
Tips & Trick
Health & Fitness
Ensiklopedia
Bike Part & Review
Home » Tips & Trick

TIPS MEMBELI SEPEDA BEKAS PAKAI/SECOND

Submitted by on 25 January 2012 – 06:26

TIPS MEMBELI SEPEDA BEKAS PAKAI – Ketika hendak membeli sepeda, diantara kita ada yang mempertimbangkan antara membeli sepeda baru atau membeli sepeda bekas pakai/second. Hal ini, salah satunya sebab pertimbangan menghemat banyak budget dan belum mendapatkan kesepakatan terbaik dari ‘isi dompet Anda’.

TIPS MEMBELI SEPEDA BEKAS PAKAI

Tentu saja, membeli sepeda baru akan mendatangkan ‘kekhawatiran’ lebih kecil (soal kualitas, kondisi dsb). Namun, bagi beberapa orang hal seperti ini (membeli barang bekas) justru seperti tantangan untuk menemukan sepeda dengan harga miring tapi memiliki kualitas oke (Sampah milik orang lain mungkin saja harta bagi Anda).

Tahap awal yang harus Sobat lakukan ketika memutuskan untuk membeli sepeda bekas pakai adalah Anda sudah semestinya mengetahui lebih detil tiap bagian komponen sepeda, lebih daripada ketika anda memutuskan untuk membeli sepeda baru. Jika Anda termasuk awam banget soal sepeda, sangat dianjurkan bagi Anda untuk mendapatkan petunjuk langsung dari rekan yang berpengalaman soal sepeda beserta komponennya, ajak serta ia untuk meninjau sepeda yang hendak Sobat beli.

Dalam hal membeli sepeda second/bekas pakai, sangat disarankan bagi Anda untuk memeriksa fisiknya secara langsung. Hal ini bukan berarti Anda tidak boleh membelinya secara online, boleh saja hal tersebut (jual beli online) dilakukan sepanjang lawan transaksi Sobat adalah orang yang benar-benar bisa dipercaya dan mampu memberikan sejumlah garansi soal kondisi sepeda yang hendak Sobat beli.

Nah, bagi yang berkesempatan memeriksa langsung sepeda bekas pakai/second yang hendak dibeli, berikut kami sarikan panduan investigasi/pemeriksaan fisik sepeda sebelum Sobat yakin memutuskan pilihan pada sepeda tersebut.

  1. Periksalah mulai dari kondisi cat sepeda. Hal ini dapat mengungkap real age sepeda. Jadi Sobat bisa mengira-ngira telah berapa lama sepeda ini dipakai oleh si empunya (apakah sesuai dengan keterangan yang diberikan oleh penjual).
  2. Naikilah sepeda tersebut untuk mengujinya secara langsung. Apakah Sobat merasa nyaman ketika menaikinya atau justru sebaliknya. Dari tahap ini, Sobat bisa memutuskan untuk meneruskan transaksi atau cukup sampai disini?
  3. Coba mainkan shifter gear/menggeser gigi dan periksa kualitas derailleurs. Apakah masih berfungsi dengan baik? test semua variasi gear, adakah yang ‘loncat’ ketika anda berpindah gear, rantai memiliki time lag ketika Anda shifting? dsb.
  4. Periksa kondisi fisik rantai sepeda. apakah berkarat dsb, yang bisa menunjukkan bahwa sepeda tersebut apakah dirawat dengan baik oleh pemiliknya?.
  5. Periksa kondisi cog.
  6. Periksa kondisi hub, dengan cara, coba balik sepeda tersebut. Lihat apakah terjadi pergerakan yang tidak perlu (hub ‘oblag’) hal tersebut menandakan bahwa telah terjadi keausan/keusangan dan perlu penggantian.
  7. Memutar roda dan melihat jika mereka berputar tanpa suara. Lihat jika rim dan bantalan rem bertabrakan atau tidak. Jika hal tersebut terjadi, menandakan bahwa kondisi rim sudah tidak presisi lagi (bengkok/peyang dsb).
  8. Dan terakhir dari Tips Membeli Sepeda Bekas Pakai/Second, periksa kondisi bottom braket. coba dienggkol, apakah bisa memutar bebas? tidak oblak yang mungkin disebabkan braket sudah aus atau kerusakan justru pada bagian frame? Hmmm, keputusan selanjutnya, beli atau tidak ada di tangan Sobat ^o^

Incoming search terms:

harga sepeda bekassepeda bekasJual beli sepeda bekasjual sepeda bekastips membeli sepeda bekasharga sepeda secondharga sepeda lipat bekasharga sepeda federal bekassepeda secondcari sepeda bekas

1 Pingbacks »

    Leave a comment

    Add your comment below. You can also subscribe to these comments via RSS

    Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

    You can use these tags:

    <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

    This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar

    You might also likeclose