Cycling Reference
Tips & Trick
Health & Fitness
Ensiklopedia
Bike Part & Review
Home » Tips & Trick

Tips Bersepeda Lebih Hijau

Submitted by on 3 May 2012 – 01:58

Tips Bersepeda Lebih Hijau – Selain memberikan efek sehat, bersepeda juga membuat lingkungan kita lebih hijau. Terkait dengan hal tersebut, berikut kami sajikan beberapa tips sederhana untuk mengoptimalkan efek hijau bersepeda.

tips bersepeda lebih hijau

  1. Lakukan perawatan menyeluruh secara teratur pada sepeda kita. Hal ini membuat tiap komponen sepeda lebih awet dan menghindari penggantian komponen sepeda yang terlampau ‘sering’. Bagaimana dengan ‘upgrade’? Sah-sah saja, sepanjang memang kita benar-benar memerlukannya. Sekali lagi, Apakah kita benar-benar perlu ‘upgrade’?

  2. Gunakanlah pompa manual, pompa tangan juga oke, dan hindarilah pompa kompressor bermesin dengan buangan ‘CO2’
  3. Sebisa mungkin manfaatkanlah moda-moda transportasi umum, atau setidaknya berbagi space mobil/rak sepeda pada mobil dalam rombongan, ketika hendak melakukan perjalanan menuju trek sebuah trek bersepeda.
  4. Jika kita berkendara, mengangkut sepeda dengan mobil, sangat dianjurkan untuk tidak meletakkan sepeda di atap mobil, hambatan ‘angin’ yang ditimbulkannya membuat konsumsi bahan bakar lebih boros.
  5. Pergunakanlah perlengkapan ‘cuci sepeda’ yang bebas deterjen, dan gantikanlah dengan material yang lebih ramah lingkungan.
  6. Jika waktu kita tidak ‘sempit’, coba mulailah mencuci sepeda ‘mandiri’, gunakan air secukupnya, sebisa mungkin hindari penggunaan ‘water jet’ / air steam
  7. Bekerjasamalah komunitas pesepeda (pengelola trek/jalur sepeda) setempat dalam melakukan perbaikan dan perawatan trek, setidaknya hal ini dapat mencegah efek erosi dan kerusakan lingkungan sepanjang trek.
  8. Jika memungkinkan, bangun jalur bersepeda di sekitar (dekat) dengan lingkungan tempat tinggal kita. Hal ini akan membuat aktivitas bersepeda kita lebih murah, dan efek sehat pun semakin meluas.
  9. Mari kampanyekan manfaat positif bersepeda yang begitu besar dalam tiap lini aktivitas yang memungkinkan penggunaan sepeda ‘di dalamnya’, misal: bersepeda ke kantor, bersepeda ke sekolah dsb. Hal yang satu ini memang telah lama berlangsung, meski demikian peran kita tetap penting bukan?

Sobat gowes bisa saja kurang sepakat dengan beberapa point tips bersepeda di atas karena ada beberapa hal yang ‘belum’ mungkin dilakukan disebabkan satu atau beberapa kendala. Kami memakluminya, setidaknya kita bisa menerapkan satu, dua Tips Bersepeda Lebih Hijau tersebut secara konsinsten, syukur-syukur bisa lebih.

No Comment »

2 Pingbacks »

Leave a comment

Add your comment below. You can also subscribe to these comments via RSS

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar

You might also likeclose