Cycling Reference
Tips & Trick
Health & Fitness
Ensiklopedia
Bike Part & Review
Home » Tips & Trick

TEKNIK SHIFTING GEAR MENGHADAPI TANJAKAN SAAT BERSEPEDA

Submitted by on 1 December 2011 – 09:20

TEKNIK MENGHADAPI TANJAKAN SAAT BERSEPEDA mungkin telah banyak diulas oleh blog tetangga, pun oleh thingsbike. Namun demikian tidak ada salahnya kita ulas ulang kali ini. Ya, salah satu teknik menghadapi tanjakan (menanjak) saat bersepeda adalah dengan mengatur posisi gear (gir) pada crank depan maupun cassete pada roda belakang.

TIPS MENGHADAPI TANJAKAN dengan mengatur ‘komposisi’ gear sepeda ini berlaku untuk rider MTB maupun roadbiker. Shifting Gear atau yang lebih dikenal dengan istilah pemindahan gigi transmisi. Shifter biasanya terletak pada handle bar (stang kemudi) sepeda kita. Shifter adalah perangkat yang terhubung dengan FD (front deraileur) dan RD (rear derailler).

FD & FD inilah yang bertugas memindahkan gigi (chainrings) baik depan maupun belakang. Shifting yang benar diperlukan pada saat menghadapi tanjakan kala bersepeda, tentunya akan memberikan kenyamanan tersendiri bagi pesepeda.

Untuk rider yang mempunyai power dan otot kaki yang kuat tidak menjadi masalah menggunakan gir depan paling besar serta gir belakang paling kecil, karena shifting dengan model ini akan memberikan akslerasi maksimum pada saat kita mengayuh sepeda. Untuk rider pemula shifting dengan menggunakan gir depan paling kecil dan gir belakang paling besar, memberikan kenyamanan ketika mengayuh pedal dan konsekuensinya sepeda berjalan pelan.

Saat melakukan TEKNIK SHIFTING GEAR MENGHADAPI TANJAKAN ini usahakan untuk tidak berdiri akan tetapi percepat putaran kayuhan pedal rider. Dengan berlatih dan kebiasaan bersepeda, kita akan menemukan sendiri kemampuan otot kaki kita ketika menghadapi medan tanjakan, semakin sering bersepeda & berlatih ditanjakan rider dapat mengukur shifting pada gir berapa yang tepat untuk menghadapi medan tanjakan.

Incoming search terms:

teknik gowesteknik gowes di tanjakanPosisi gear sepeda saat tanjakanteknik shift mtb di tanjakanbila ada tanjakan pake gigi berapa untuk sepedahtips melewati tanjakan dengan motor trailtips gowes tanjakanteknik gowes tanjakan pemulaposisi riding sepeda di tanjakanposisi gir depan dan belakang yg tepat

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> 

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

You might also likeclose