Cycling Reference
Tips & Trick
Health & Fitness
Ensiklopedia
Bike Part & Review
Home » Tips & Trick

TEKANAN UDARA IDEAL BAN SEPEDA

Submitted by on 28 September 2011 – 01:13

 TEKANAN UDARA IDEAL BAN SEPEDA РSalah satu aspek yang sering kurang diperhatikan terkait TEKANAN UDARA IDEAL BAN SEPEDA pemeliharaan sepeda adalah tekanan udara ban. Meskipun sering didapati, produsen ban sepeda menterakan ukuran tekanan yang dianjurkan, namun hal ini seringkali diabaikan. Ketahuilah Sobat, bahwa tekanan udara yang ideal pada ban tidak hanya membawa kenyamanan bersepeda, namun juga memperpanjang umur sepeda kita.

Saat sepeda melaju, bagian tengah tapak ban idealnya sedikit merata (permukaan yang bersinggungan dengan jalan/tanah) sehingga mereka mencengkeram permukaan yang lebih baik untuk meningkatkan kenyamanan dan kontrol. Di sinilah pentingnya TEKANAN UDARA IDEAL BAN SEPEDA.

 

Sebuah ban sepeda dengan tekanan udara terlampau keras akan memantul dan justru menyebabkan ketidakseimbangan ketika berkendara. Tidak hanya kontrol yang menurun, juga sangat tidak efisien. Juga, secara signifikan mempersingkat umur headset dan bahkan umur rangka (frame) sepeda.

Berikut ini kami kutipkan sebuah quotes yang memberikan pelajaran betapa pentingnya TEKANAN UDARA IDEAL BAN SEPEDA:

Don’t dynamite your tires. In the last decade it has become an article of faith that the more pressure one puts in a tire, the better (that is, faster) the bike will ride. One brand of tires actually requires 140 psi. This kind of tire pressure makes the bike ride like junk. With super high tire pressures the bike bounces, transmits road shock, fatigues the rider, causes the premature failure of bike frames and components and makes the tires more prone to flats. Running the tires at 105 – 115 psi will yield a bike that corners better and gives a far nicer ride. Try it. It will still go fast.”

Strategi terbaik untuk mendapatkan TEKANAN UDARA IDEAL BAN SEPEDA adalah dengan mengembang ban sesuai dengan berat tubuh Anda. Seorang cyclist dengan berat badan lebih membutuhkan tekanan udara lebih.

Berikut pedoman tekanan udara dalam ukuran PSI untuk ban belakang (untuk tekanan ban depan menggunakan patokan berat badan 2,3 kg lebih rendah):

75

Berat Badan

Road Bike

Mountain Bike

Hybrid Bike

di bawah 54kg

85

30

50

54 – 64kg

90

35

55

64 – 73kg

95

40

60

73 – 82kg

100

45

65

82 – 91kg

105

50

70

di atas 91kg

110

55

Pedoman di atas dapat diubah dengan ketentuan sebagai berikut:

  • jika tekanan udara ban sepeda dirasa terlampau lembut, maka tambah tekanan dengan panduan pedoman tekanan ban yang dianjurkan pada berat badan 2,3kg lebih berat
  • sebaliknya jika tekanan udara ban sepeda dirasa terlampau keras, maka kurangi tekanan dengan panduan pedoman tekanan ban yang dianjurkan pada berat badan 2,3kg lebih ringan
  • kurangi tekanan udara ban sepeda pada kondisi permukaan trek basah, dengan panduan pedoman tekanan ban yang dianjurkan pada berat badan 5,6kg lebih ringan

Demikian tips mendapatkan TEKANAN UDARA IDEAL BAN SEPEDA semoga dengannya Sobat memperoleh kenyamanan dan efisiensi dalam bersepeda, Happy cycling!

Leave a comment