Cycling Reference
Tips & Trick
Health & Fitness
Ensiklopedia
Bike Part & Review
Home » Tips & Trick

Posisi Bersepeda yang Ideal – Anatomi & Geometri

Submitted by on 11 February 2011 – 04:03

ThingsBike – Saat ini banyak sekali ragam sepeda gunung (mountain bike) dengan varian geometrinya. Tiap geometri tidak hanya sekedar desain pemanis dari tiap produsen, namun juga memiliki fungsi terkait kegunaan tiap sepeda yang mereka pasarkan. Sepeda Gunung jenis Cross Country, Down Hill, Dirt Jump, maupun Free Ride memiliki dimensi geometri yang berbeda-beda.

Ketika kita mengendarai sepeda, kita melakukan kontak setidaknya dengan tiga tempat pada bagian sepeda: tangan kita berada pada handle bar, kaki pada pedal dan badan bertumpu pada sadel sepeda. Ini adalah tiga daerah yang secara relatif menentukan kenyamanan kita bersepeda, dan hal ini turut ditentukan oleh beberapa variabel mempengaruhi ketiga lokasi tersebut, seperti: panjang top tube, seat angle (besar sudut tempat duduk—seat post dan seat tube), jarak dari braket bawah (bottom bracket) ke sadel, panjang crank arm, tinggi batang kemudi serta lebarnya, panjang stem dan sudut sadel semua memainkan peran. Untuk mendapatkan ukuran yang ideal, hal ini membutuhkan pengetahuan prinsip-prinsip dasar, beberapa kompromi, dan trial and error.

Seat tube dan Standover Height

Ketika kita berada di toko sepeda dan mendapati frame sepeda ditawarkan dengan ukuran ‘sekian’ inchi, sebenarnya apa artinya? Dalam kebanyakan kasus, ukuran tersebut menunjukkan jarak dari as roda bottom bracket ke bagian atas teratas seat tube, namun demikian ukuran tersebut belumlah memiliki standar universal.

Ukuran tersebut berhubungan dengan ‘standover height’. Yang paling penting diperhatikan adalah jarak antara selangkangan Anda dengan top tube. Berapa banyak spasi yang Anda perlukan tergantung pada gaya bersepeda Anda. Untuk pesepeda cross country mungkin hanya perlu beberapa centimeter, sedangkanuntuk dirt jumper perlu spasi lebih. Banyak dari kita menentukan pilihan sepeda dengan mendasarkan pada ukuran pada daftar atau label yang melekat pada frame sepeda, meski bisa saja demikian, langkah yang paling ideal adalah dengan berdiri secara langsung pada frame.

Referensi: BikeRadar

Incoming search terms:

geometri sepedaposisi bersepedaanimasijual handlebar MTBjual frame sepeda mtbAnimasi bersepedagambar animasigeometri frame sepedaposisi sadel sepedaposisi anatomi

Leave a comment

Add your comment below. You can also subscribe to these comments via RSS

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar

You might also likeclose