Cycling Reference
Tips & Trick
Health & Fitness
Ensiklopedia
Bike Part & Review
Home » Tips & Trick

Periode Waktu Perawatan – Servis Sepeda

Submitted by on 21 July 2011 – 01:27

tips-trik-bengkel-merawat-sepedaPeriode Waktu Perawatan – Servis Sepeda. Sebuah pertanyaan umum, Kapan Waktunya saya mesti melakukan perawatan/servis sepeda?Jawaban yang paling akurat adalah bahwa hal itu tergantung pada di mana Anda naik, kondisi seperti apa ketika Anda naik dan seberapa banyak Anda naik sepeda!

Sebuah sepeda layaknya sebuah mesin, semua mesin memerlukan beberapa bentuk perawatan terus menerus. Berikut adalah daftar kecil hal yang harus dilakukan sebelum dan setelah bersepeda.

Inspeksi Sebelum Bersepeda

  • Cek Tekanan Ban
  • Cek Tekanan Rear Shock
  • Cek Tekanan Fork
  • Cek Fungsi Break Set (Rem)
  • Cek Beberapa Part apakah ada yang kendor atau lepas
  • Cek Ketegangan Rantai, dan Sambungannya, apakah ada potensi untuk putus

Perawatan Setelah Bersepeda

  • Cek Ulang Kondisi Ban Sepeda
  • Bersihkan Drivetrain (Crank, Chainring, sprocket, Pulley, Derailleur, Chain) dari Pasir, tanah dan grim
  • Bersihkan Frame dari Pasir, tanah dan grim
  • Gantung/Letakkan Sepeda Pada tempat yang tepat

Tune Up Sepeda

Kami merekomendasikan tune up, minimal setahun sekali pada setiap sepeda. Jika Anda bersepeda lebih intens dari pengguna biasa maka Anda mungkin membutuhkan lebih dari satu tune up dalam setahun. Pada situs Smartcycles dikatakan bahwa sebuah tune up sepeda sama halnya seperti ganti oli pada mobil, itu perlu dilakukan setelah sejumlah jarak tempuh, tetapi harus selalu dipertimbangkan setiap 6 bulan atau lebih pada sepeda yang digunakan dan kebutuhan untuk dianggap aman.

Overhauls

Overhauls merupakan rekondisi sepenuhnya sepeda Anda. Hal ini dilakukan ketika tune up saja dianggap tidak efektif lagi, maka Anda perlu perbaikan. Jika Anda memiliki peralatan premium, overhaul disarankan lebih sering, sekitar sekali setahun, untuk menjaga sepeda Anda dan kondisi drivetrain –khususnya—tetap pada kondisi premium! Pada jarak tempuh tertentu, kondisi drivetrain atau groupset dipastikan telah mengalami keausan, dalam kondisi-kondisi seperti ini lah overhaul diperlukan, bisa dilakukan parsial, bisa juga overhaul menyeluruh.

Semoga tips Periode Waktu Perawatan – Servis Sepeda ini bisa memberi gambaran kepada Sobat cyclist gimana semestinya Sobat memperlakukan sepeda layaknya “Sahabat”, hehehe…. Dengan mengikuti tips ini kami berharap Sepeda Sobat awet dengan kost perawatan minim.

sumber gambar: armadillo-bike.blogspot.com

Incoming search terms:

perawatan sepeda polygonservice sepeda mtbservice sepedaservis sepedaservis sepeda sendirialat yang digunakan saat merawat sepeda polygonservis sepeda mtbServise sendiri mtbtempat service sepeda polygonservis sepeda gunung

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> 

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

You might also likeclose