Cycling Reference
Tips & Trick
Health & Fitness
Ensiklopedia
Bike Part & Review
Home » Tips & Trick

Memilih Stem vs Gaya Bersepeda

Submitted by on 20 June 2011 – 06:05

MEMILIH STEM VS GAYA BERSEPEDA – Apakah selama ini anda mempercayakan pilihan komponen sepeda Anda pada ‘tukang’ rakit sepeda atau keputusan ‘final’ pabrikan? Jika jawabannya ‘iya’, bukan hal yang salah, karena tiap pabrikan juga pasti sudah menguji tiap desain produk sebelum meluncurkannya ke pasaran. Namun demikian, lebih baik lagi jika Sobat menyimak ulasan kami kali ini, Bagaimana menentukan atau memilih stem sepeda kesayangan dengan menyesuaikan gaya bersepeda Anda.

Stem merupakan komponen penghubung antara handle bar (setang) dengan steerer tube pada fork sepeda. Untuk mempermudah pemahaman kita, berikut bentuk stem yang umum kita jumpai pada sepeda.

Ket. Stem dengan Merk Ritchey

Sebagaimana kita ketahui bahwa secara garis besar pembagian jalur ‘minat’ bersepeda berdasar dominan trek yang ditempuh ada: cross country (XC), all mountain (AM), downhill (DH), freeride (FR), atau dirtjump (DJ), kesemuanya mewakili aktivitas bersepeda untuk trek off-road. Jalur ‘minat’ bersepeda selain telah tersebut sebelumnya tentu aktivitas bersepeda on-road.

Beda jalur yang ditempuh, idealnya tentu beda pula dalam pemilihan stem. Khususnya pada pemilihan panjang stem sepeda yang digunakan.

Pilihan Stem untuk All Mountan, Cross Country dan On-road, untuk jenis cyclist ini, beberapa referensi merekomendasikan penggunaan stem dengan ukuran panjang 50mm s.d. 130mm (variannya: 50, 70, 90, 110, 130mm). Penggunaan stem dengan ukuran ini pada AM, XC dan on-road cycling dirasa lebih memudahkan handling kemudi, dan lebih stabil saat menaklukan tanjakan. Stem dengan ukuran ini memberikan cukup ruang pada cyclist untuk memindahkan titik berat bada ke bagian kemudi, dan menghindarkan roda depan terangkat saat nanjak.

Pilihan Stem untuk Downhill, Dirtjump, dan Freeride. Untuk jenis aktivitas bersepeda DH, DJ dan FR didominasi oleh penggunaan stem dengan ukuran pendek, maksimal 60mm. Handling kemudi pada aktivitas cycling ini dipermudah dengan jarak yang pendek antara setang dan sadel, sehingga pengemudi sepeda lebih mudah mengontrol arah manufernya, sekalipun dalam kecepatan tinggi.

Selain dari sisi ukuran, MEMILIH STEM VS GAYA BERSEPEDA juga patut mempertimbangkan sudut kemiringan stem saat dipasang pada sepeda. Untuk yang satu ini, akan kami bahas pada posting selanjutnya. Happy cycling

Leave a comment