Cycling Reference
Tips & Trick
Health & Fitness
Ensiklopedia
Bike Part & Review
Home » Tips & Trick

Memilih Ban Sepeda Gunung (MTB) yang Tepat

Submitted by on 24 June 2011 – 10:07

BAGAIMANA MEMILIH BAN SEPEDA GUNUNG (MTB) yang tepat? pertanyaan mendasar, yang juga pernah saya tanyakan ketika memulai aktivitas bersepeda. Jawabannya tentu tergantung pada pada jenis track seperti apa yang Anda lalui ketika bersepeda?. Salah memilih bisa berdampak pada kurang nyamannya kegiatan bersepeda kita. Ban sering selip, roda belakang berputar di tempat ketika melewati jalur liat, Ugh…sungguh tidak nyaman, dan itu pernah saya rasakan.

Sepakat dengan judul posting, kali ini saya akan bahas sedikit tips BAGAIMANA MEMILIH BAN SEPEDA GUNUNG – MTB YANG TEPAT. Dimulai dengan pengenalan ukuran ban sepeda gunung secara umum, pada umumnya untuk sepeda gunung dewasa, ukuran diameter roda yang kerap digunakan adalah 26 inch, beberapa beredar di daratan Amerika dan Eropa menggunakan diameter 29 inch, penunggangnya sering disebut 29’ers. So,ingat ketika hendak mengganti ban sepeda Anda pastikan ukurannya 26 inch atau 29 inch.

MEMILIH BAN SEPEDA

Beberapa Karakteristik yang melekat pada sebuah ban sepeda gunung seringkali saling bertentangan satu sama lain. Misal, kita menghendaki ban sepeda yang ringan harus, hal ini perlu juga dipertihungkan dengan dengan daya tahannya. Daya tahan harus seimbang dengan traksi. Traksi harus seimbang dengan rolling resistance.

Anda bahkan mungkin juga harus memikirkan bahwa medan yang Anda lalui sangat bervariasi. Pertannyaannya kemudian cukupkah bahwa Anda menyimpan satu set ban untuk jalan yang berbeda. Jika Anda rasa perlu dan pusa dana khusus untuk membiayai hobi bersepeda Anda, tidak salahnya Anda memiliki beberapa set ban yang berbeda untuk kondisi yang berbeda.

1. Memilih Ukuran Ban Sepeda

Untuk sepeda gunung atau jenis MTB seperti telah saya jelaskan di awal ada ban dengan ukuran 26 inch dan 29 inch. Untuk jenis cross country / XC atau all mountain / AM biasa digunakan  ban dengan lebar tapak 1.8 inch s.d. 2.4 inch. Sementara rentang ukuran lebar tapak untuk jenis penggunaan freeride dan sepeda downhill, biasa digunakan ban dengan lebar tapak 2.5 inch s.d. 3.0 inch.

2. Memilik Jenis Kembangan Tapak (Knob)

Jenis permukaan ban yang bersinggungan (menapak) langsung dengan tanah atau aspal harus juga menjadi kriteria dalam memilih ban sepeda. Jika Anda naik pada aspal misalnya, ban dengan permukaan slicks lebih tepat digunakan. Permukaan halus ban ini menawarkan kecepatan maksimum dengan kayuhan minimal.

Jika trek yang Sobat cyclist lalui adalah kombinasi permukaan, termasuk beton, singletrack aspal, halus dan / atau sesekali kerikil dan makadam, tipe knop semi-slicks lebih cocok untuk digunakan.

Sementara pengendara dirtjum, freeride atau downhill membutuhkan ban sepeda gunung untuk traksi dalam kondisi beragam. Namun jika Anda telah mengetahui akan bersepeda pada satu jenis medan, maka pilihlah ban yang dirancang untuk permukaan itu. Hal ini dapat bervariasi tergantung pada bagian trek Anda. Contohnya demikian:

  • untuk jenis track cadas ‘smooth moab slickrock’, tidak memerlukan pattern/kembangan yang terlampau agresif.
  • untuk track berlumpur, penuh dengan akar, menuntut ban yang tidak hanya lebih agresif, tapi satu yang memiliki spasi antar kembangan / knob untuk menumpahkan lumpur.
  • jenis tapak roda dengan spasi knob yang lebih luas biasanya menawarkan fleksibilitas yang lebih.

sumber

Incoming search terms:

jual ban mtbMemilih Ban Sepedaban mtb terbaikban sepeda 26TIPS MEMILIH BAN SEPEDAmemilih ban mtbukuran ban sepeda balaptips memilih ban mtbtips memilih sepeda mtbharga helm sepeda downhill

No Comment »

3 Pingbacks »

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> 

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

You might also likeclose