Cycling Reference
Tips & Trick
Health & Fitness
Ensiklopedia
Bike Part & Review
Home » Tips & Trick

Melatih Kemampuan Menanjak

Submitted by on 8 February 2013 – 06:19

Strategi Bersepeda Nanjak – Trek menanjak atau Up Hill seringkali dihindari oleh sebagian Sobat gowes, jelas hal ini disebabkan karena effort (tenaga) yang dibutuhkan lebih besar ketimbang gowes di trek datar maupun light downhill.

Minggu lalu kami dari thingsbike berkesempatan mengulang aktivitas gowes nanjak ini di Km.0 (Kilometer Nol) Bojong Koneng. Cukup berat buat beberapa rekan kami, yang notabene beberapa waktu cukup lama tidak melakukan gowes up hill (nanjak ini). Btw, kami memaklumi karena perlu proses penyesuaian kembali sepertinya.

Eniwei, Perjalanan Nanjak menuju Km.0 Bojong Koneng ini menginspirasi saya untuk kembali posting pada blog ini. Kali ini saya awali dengan topik Strategi Menaklukkan Tanjakan (Climbing Strategies), sesuai dengan Preambule posting.

Strategi Bersepeda Nanjak sangat ‘dekat’ dengan segitiga Strength, Speed, Endurance. Strength/kekuatan menjadi dasar untuk menjadi mendapatkan kemapuan menaklukkan setiap tanjakan saat bersepeda. Kita perlu untuk membangun kekuatan ini sejak awal. Kekuatan inilah yang menjadi kunci komponen kebugaran, yang memungkinkan anda untuk mendaki lebih cepat.

Dalam sebuah referensi, disebutkan salah satu teknik membangun kekuatan ini ada sebuah teknik yang disebut Strength Endurance ( SE ) Interval. Bentuk pelatihannya berupa melakukan pedalling dengan mempertahankannya pada cadence lambat (gear besar/berat) selama rentang beberapa waktu tanpa henti. Ada yang melakukannya dengan cadence 40-60rpm untuk 10-20minutes.

Beberapa orang melakukannya dengan repetisi 2x20menit, sementara yang lainnya melakukan 4x10menit. Coba lakukan teknis ini di sela-sela kegiatan bersepeda Anda, dan rasakan hasilnya. Mari praktikkan bersama yuk.

Setelah tahap kita lalui, kita akan praktikkan teknik lain yang semoga bermanfaat untuk membangun kemampuan bersepeda kita, dan membuat aktivitas bersepeda kita lebih bermanfaat. Salam gowes.

Incoming search terms:

latihan cadencegowes nanjteknik cadence dalam bersepedateknik nanjaktip nanjak km0 pakai sepeda lipat

1 Pingbacks »

    Leave a comment

    Add your comment below. You can also subscribe to these comments via RSS

    Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

    You can use these tags:

    <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

    This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar

    You might also likeclose