Cycling Reference
Tips & Trick
Health & Fitness
Ensiklopedia
Bike Part & Review
Home » Tips & Trick

Jual Beli Sepeda Online

Submitted by on 14 July 2011 – 06:54

ThingsBike -  Sobat hendak MEMBELI SEPEDA SECARA ONLINE? atau ada diantara Rekan Cyclist yang hendak MENJUAL SEPEDA VIA INTERNET? amankah? dan bagaimana caranya? Ya, memasyarakatnya wireles socionetworking mestinya memudahkan ‘hajat’ kita seperti jual beli melalui dunia maya. Meski demikian patut kita ketahui bahwa kemudahan tersebut berbanding lurus dengan resiko yang ‘tipu-menipu’ yang akhir-akhir ini marak terjadi.

“Ah takut ah jual atau beli sepeda online, ntar barang atau uang gak sampe gimana?” kekhawatiran sobat cyclist barusan mungkin sama dengan apa yang menjadi alasan sebagian besar masyarakat urung melakukan transaksi jual beli secara online. Ada beberapa resiko/keterbatasan jual beli secara online, tidak hanya untuk “sepeda”, ini berlaku buat seluruh komoditi secara umum.

  • calon pembeli tidak bisa memastikan langsung secara fisik kualitas/kondisi barang yang hendak ia beli, karena penawaran biasanya cuman dalam bentuk foto produk.

Hal tersebut bisa diminimalisir dengan menanyakan secara detil sedetil-detilnya barang yang hendak Sobat beli. Anda takut penjual marah atau enggan melayani Sobat, karena Sobat dianggap cerewet. Bagi saya, inilah sekaligus kesempatan pembeli untuk menguji kualitas seorang penjual, apakah dia bisa memberikan mutu pelayanan terbaik, toh pembeli adalah “raja” bukan? hehe..

jika memungkinkan, tanyakan kepada penjual, apakah dia melayani pembelian dengan COD (Cash on Delivery), jadi ketika barang dikirim dan sesuai dengan deskripsi yang ditawarkan penjual, baru Sobat lakukan pembayaran. Anda pun tidak merasa tertipu.

  • Barang lecet atau rusak dalam perjalanan pengiriman

Hal ini bisa sobat hindari dengan meminta garansi kepada penjual, intinya Anda mau barang yang dibeli sampai tujuan sesuai dengan kesepakatan jual beli. Jika penjual tidak mau memberi garansi, Sobat patut berpaling ke penjual lainnya, daripada nyesel belakangan bukan?

Bisa juga diminimalisir dengan menanyakan detil pengiriman yang ditempuh oleh penjual, misal melalui kurir/jasa titipan apa? pastikan bahwa jasa titipan pengiriman/kurir yang digunakan memiliki track record pelayanan yang baik.

  • Barang tidak dikirim, sementara uang pembayaran telah Sobat transfer, alias Sobat kena tipu

Hal seperti ini bisa saja terjadi, jika kita kurang berhati-hati. Ketika hendak melakukan jual-beli via online, pastikan pula kredibilitas calon penjual, misal vendor tersebut memang telah cukup lama dikenal sebagai toko yang melayani jual beli online, memiliki alamat yang jelas dan nyata tempat usahanya.

Gimana dengan jual beli melalui perantara forum jual beli online, dan bukan melalui vendor/toko online? Dalam kasus seperti ini sobat bisa memanfaatkan Rekening Bersama yang biasanya disediakan oleh administrator forum jual beli online tersebut. Manfaatkanlah pembayaran via Rekening Bersama, fee yang mesti kita bayarkan termasuk cukup murah kok.

Pengelola rekening bersama akan menampung terlebih dahulu pembayaran yang Sobat lakukan, ketika barang yang Sobat beli telah diterima, Sobat diminta untuk melalukan konfirmasi ke Admin forum pengelola rekening bersama. Setelah konfirmasi barang diterima, baru kemudian pembayaran akan diteruskan ke rekening penjual.

Dengan mengikuti langkah meminimalisir resiko/keterbatasan jual beli online yang telah dijelaskan Insya Alloh, JUAL BELI SEPEDA ONLINE yang hendak Sobat cyclist lakukan relatif lebih aman.

Leave a comment