Cycling Reference
Tips & Trick
Health & Fitness
Ensiklopedia
Bike Part & Review
Home » Tips & Trick

Geometri, Setting dan Berat Sepeda Ideal

Submitted by on 20 July 2011 – 05:28

Banyak Sobat Cyclist yang mampir ke halaman ThingsBike untuk mendapatkan informasi soal Geometri, Setting dan Berat Sepeda Ideal. Dengan semangat berbagi kami pun coba mengulas kembali, mungkin, atas topik posting yang sama pernah diulas rekan cyclist lain dalam blog/sitenya soal Geometri Sepeda yang dianggap baik, Bagaimana Setting Sepeda yang tokcer, dan Berat Sepeda yang mumpuni.

Merujuk apa yang pernah diulas oleh Pak Eko Probo ( Salah satu pengurus Jalur Pipa Gas MTB Park), bahwa sejumlah survey terhadap atlit profesional Mountainbike, dikatakan bahwa sepeda ideal yang stabil untuk trek offroad (MTB) adalah sepeda dengan berat full bike di sekitar 9,5 kg – 11 kg (untuk XC/Trails). Berat full bike ini tentu harus tetap memperhatikan kualitas komponen yang kuat, dan yang paling penting setting / fitting sepeda sesuai postur tubuh Cyclist.

Sepeda yang ideal bagi Mountain Bikers adalah sepeda yang stabil untuk bermanuver di sepanjang trek, juga ringan digowes dengan ragam trek datar dan berelevasi (menanjak dan turunan). Ada yang beranggapan bahwa sepeda yang ringan hanya enak untuk digowes pada route jalan menanjak dan panjang, akan tetapi sulit mengendalikan bermanuver dan menjaga keseimbangan saat turunan dan tikungan, lebih parah lagi jika kondisi trek basah dan licin. Anggapan ini disanggah oleh lain pihak yang menyatakan bahwa sepeda dengan bobot ideal tersebut akan lebih pas ketika dikendarai dengan kemampuan teknik hanling memadai, apalagi seorang atlit yang memang terlatih.

Apakah sepeda berbobot ringan saja sudah cukup? tentu tidak demikian. Sepeda super ringan tanpa didukung setting ideal piranti sepeda lainnya akan menjadi tidak berarti apa-apa, bahkan bisa kalah cihui dibanding dengan sepeda dengan bobot lebih berat tetapi memiliki komponen pendukung yang mumpuni dengan setting yang cihui..

Misal, adu penggunaan sepeda super ringan dan lebih berat dengan perbedaan setting gear, dengan kondisi stamina yang sama berimbang antara rider bersepeda super ringan dan rider bersepeda lebih berat. Jika top speed sepeda yang super ringan tanpa didukung final gear yang berat pasti akan kehilangan traksi saat di jalan aspal datar yang panjang, sementara sepeda dengan bobot lebih berat memiliki setting gear sebaliknya.

Contoh tersebut memang hanya sebagian dari masalah efek perbedaan setting sepeda, masih banyak faktor lain terkait setting komponen sepeda yang akan kami bahas pada posting selanjutnya. Pak Eko Probo dalam ulasan ‘menggariskan’ beberapa ‘kunci’ yang patut diperhatikan untuk mendapatkan sepeda tunggangan yang ideal, diantaranya:

  1. Geometris frame yang sesuai dengan postur tubuh pengendara sepeda dan sesuai peruntukkan track yang akan dilalui
  2. Setting tekanan fork / suspensi ( merk mahal pun tetap harus di setting sesuai karakter cyclist dan kondisi trek)
  3. Bottom bracket ( BB ) / bisa dicoba dengan menggunakan bottom bracket lebih ringan, konon BB dengan bahan keramik halus saat digowes
  4. Kualitas Hubs / wheel set
  5. Bahan dan karakter dari Ban / tyre
  6. Pemilihan Pully RD ( berpengaruh pada halusnya putaran rantai )

Semoga poin-poin penting soal Geometri, Setting dan Berat Sepeda Ideal tersebut bisa segera Sobat uji coba, dan apakah memang benar-benar menambah kenikmatan Sobat bersepeda?? Happy cycling ya..

sumber gambar: http://www.downhillmountainbiking101.net

Incoming search terms:

berat sepedaberat sepeda mtbsetting sepeda mtbfitting sepeda mtbwheel set mtb paling ringanpengaruh geometri sepedaberat sepeda polygonberat fullbike mtb streetberat standar sepeda gunungsettingan sepedah balap

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> 

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

You might also likeclose