Cycling Reference
Tips & Trick
Health & Fitness
Ensiklopedia
Bike Part & Review
Home » Tips & Trick

Fitting Geometri, Ukuran Sepeda Ideal untuk Road Bike

Submitted by on 20 July 2011 – 05:57

Fitting Geometri, Ukuran Sepeda Ideal untuk Road Bike, sebagai pembuka posting ini silahkan amati animasi berikut. Animasi tersebut menunjukkan secara teori, posisi ideal bersepeda serta geometri yang pas untuk pengguna road bike. Perhatikan titik-titik berwarna hijau dan tarikan garis putus-putus yang menunjukkan bagaiman idealnya posisi bagian tubuh direlasikan kepada geometri sepeda tunggangan kita.



Sepeda Ideal

Apakah sepeda yang Sobat gunakan berasal dari pabrikan ternama? harganya cukup membuat Sobat merogoh kocek dalam2? Dan apakah ‘ia’ merupakan sepeda yang Sobat idamkan sebelumnya? Mungkin sebagian besar menjawab ‘iya’, seperti yang saya alami. Namun demikian, pertanyaan yang sebenarnya terpenting adalah ‘Apakah sepeda Sobat merupakan sepeda ideal yang sanggup memberikan kenyamanan serta optimal memenuhi kebutuhan bersepeda Sobat tiap weekend atau ketika menemani aktivitas bike to work/school sobat?

Sepeda seharusnya mengakomodasi ‘tubuh’ pengendaranya, mengakomodasi kepentingan dan gaya pengendara, harus mengakomodasi kebutuhan khusus dan keinginan pesepa, bukan sebaliknya "Bekerja melawan Anda" atau "Membuat Anda bekerja lebih keras".

Pada posting terdahulu, pernah diulas ukuran ideal sepeda yang terelasi dengan tinggi badan pengendaranya. Hal ini paling tidak menjadi modal awal Sobat menentukan langkah selanjutnya dalam menentukan Geometri dan setting bagian-bagian sepeda untuk mendapatkan posisi ideal ketika berkendara.

Posisi Optimal Bersepeda

Kunci optimal bersepeda sangat menyesuaikan pada karakter individu pesepeda, postur dan posisi badan ketika bersepeda. Lalu apa manfaat atau apa yang disebut sebagai bersepeda dengan optimal? Sesuai tujuannya, bersepeda dikatakan optimal ketika kita bisa mencapai efisiensi kayuhan dan tenaga, aerodinamis, dan kenyamanan, serta meminimalkan potensi cedera.

Kembali kepada animasi di atas terlihat beberapa titik pada lokasi berikut: Jarak roda, as roda pedal, bottom bracket, sadel (titik kontak), as roda hub, batang / pengemudi, handlebar clamp, fork, pergelangan kaki, lutut, pinggul, punggung atas, pangkal leher, bahu, siku, pergelangan.

Titik-titik mensdeskripsikan posisi ideal bersepeda yang optimal. Titik-titik tersebut merupakan point penting yang harus diperhatikan ketika Sobat berada di atas sepeda. Secara teori, jika kemudian titik-titik tersebut direlasikan dengan frame sepeda, komponen, gear dan komponen sepeda lainnya yang ditunjukan dalam gambar, dan kemudian kita telah menemukan kedudukan masing-masing titik sesuai dengan panduan gambar tersebut maka kita telah mendapatkan kondisi sepeda yang ideal bagi kebutuhan anatomis, dan inilah yang kemudian disebut sebagai sepeda bergeometri ideal.

Incoming search terms:

sepeda road bikefitting sepedajual road bikeukuran road bikeukuran frame road bikeukuran roadbikeharga sepeda road bikejersey sepeda roadharga road bikefitting sepeda balap

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> 

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

You might also likeclose