Cycling Reference
Tips & Trick
Health & Fitness
Ensiklopedia
Bike Part & Review
Home » Tips & Trick

Cadence Optimal

Submitted by on 9 February 2011 – 04:56

The speed at which the pedals turn, measured in Revolutions Per Minute. Inexperienced cyclists tend to ride in higher gears than they should, pedaling at a slower cadence.

Most experienced cyclists pedal at cadences in the range of 70-90 RPM. This puts less strain on the joints, particularly the knees. Racing cyclists often use even higher cadences for bursts of acceleration.

Cadence, untuk mendapatkan aktivitas bersepeda yang ideal salah satu faktor yang patut kita perhatikan adalah apa yang disebut sebagai Cadence. Petikan di atas kami dapatkan dari Sheldon Brown Glossary.

Cadence diartikan sebagai ukuran kecepatan kayuhan pedal pada aktivitas bersepeda, dalam glossary tersebut ukuran cadence bisa dinyatakan dalam RPM. Yang sering terjadi, kebanyakan dari kita bersepeda dengan penempatan chain (rantai) depan pada gir tinggi sementara chain depan pada gir rendah, dengan harapan diperoleh kecepatan tinggi.

Hal tersebut lebih sering berefek pada penurunan cadence akibat tenaga sudah terkuras pada kayuhan pedal yang terasa berat. Sementara jika kondisi seting gir dibalik ( chain depan pada gir ter-rendah, chain belakang pada gir ter-tinggi) yang didapatkan adalah kayuhan angin, dengan cadence tinggi. Namun hal ini sama saja tidak efektifnya, karena justru akan banyak tenaga yang terbuang percuma, sementara sepeda berjalan pada kecepatan rendah.

Oleh sebab itu, efisiensi manajemen energi saat bersepeda turut dipengaruhi oleh cadence ini. Dikatakan bahwa pesepeda yang berpengalaman memiliki range cadence pada 70 – 90 RPM. Tentu hal ini dipengaruhi oleh seting sepeda (seting gir –Front maupun Rear Derailleur—, tinggi seat post) yang berbeda-beda untuk tiap individu.

Intinya, untuk mencapai cadence optimal, lakukan trial (setting gir, tinggi seat post, dan bersepedalah) sampai didapati kayuhan yang Sobat rasa paling nyaman dan tercapai ukuran cadence ideal 🙂

Leave a comment