Cycling Reference
Tips & Trick
Health & Fitness
Ensiklopedia
Bike Part & Review
Home » Tips & Trick

ABC Quick Check: Cek Sepeda Anda Sebelum Bersepeda

Submitted by on 28 September 2015 – 06:19

ABC Quick Check, tips ini kami adaptasi dari portal bersepeda manca negara, yang nampaknya sangat ringkas dan mudah kita aplikasikan. Sebelum melakukan setiap perjalanan dengan bersepeda, periksa sepeda Anda untuk memastikan ia aman untuk dinaiki. Gunakan Tips “ABC Quick Check” berikut sebagai pengingat mudah terkait apa saja yang perlu anda cek sebelum anda mulai menaiki sepeda Anda.

teknik setting rem sepeda

“A” adalah untuk Air (udara)

Pastikan ban/roda sepeda Anda pada tekanan dengan nilai yang sesuai rekomendasi pabrikan asal ban tersebut, seperti yang ditunjukkan di dinding samping ban. Gunakan pengukur tekanan untuk memastikan tekanan ban yang tepat. (Ban sepeda memang harus lebih sering dicek tekanananya dan dipompa kembali jika dibandingkan ban mobil misalnya).

Periksa kerusakan tapak ban dan dinding samping; ganti ban jika memang suah menunjukkan kerusakan/keausan dan memang sudah waktunya diganti.

“B” adalah untuk Brakes (rem)

Putar roda untuk memeriksa bahwa tidak ada yang menghambat lajunya (seret gitu). Periksa bantalan/kampas cakram disk rem sebelum mulai menggunkannyai. Periksa penyesuaian pada bantalan rem; pastikan mereka tidak menggosok ban atau menyelam ke jari-jari. Periksa penyesuaian tuas rem. Bila diterapkan, harus ada minimal 1 inchi jarak antara setiap tuas dan stang, jika kurang dari itu segera cek atau ganti bantalan/kampas disk rem sepeda Anda.

“C” untuk cranks, chain, and cassette

Rantai harus bersih, dilumasi, dan tenang – tidak berisik, mencicit, atau memekik! Gunakan pelumas yang dirancang khusus untuk sepeda. Jika melompat rantai Anda saat naik, Anda mungkin perlu sebuah rantai baru, kaset baru, dan / atau penyesuaian. Pastikan bahwa baut cranks Anda terpasang dengan kuat.

“Quick” untuk quick releases

Roda harus terpasang benar dan presisi dalam frame, dengan quick release hub (as roda) sepenuhnya terpasang pada sudut 90° . Pelajari cara menyesuaikan quick release untuk roda sepeda anda.
Hub rilis cepat Anda harus menunjuk kembali untuk memastikan bahwa tidak ada menangkap di atasnya..

“Check” untuk pemeriksaan ulang menyeluruh

Memeriksa sepeda bagian yang longgar atau rusak; mengencangkan, mengganti atau memperbaiki mereka. Periksa untuk memastikan bahwa helm Anda nyaman dan tingkat di kepala Anda, dengan tali pas disesuaikan. Tes dengan menaiki sepeda Anda untuk memeriksa apakah derailleurs dan rem bekerja dengan benar.
Memberikan perhatian ekstra untuk sepeda Anda selama beberapa kilometer pertama dari perjalanan.

Jika sepeda Anda tidak lulus ABC Quick Chek ini, maka artinya sepeda Anda perlu perbaikan. Untuk bantuan selanjutnya silahkan kunjungi bengkel sepeda terdekat di kota anda.

Salam bersepeda

Leave a comment

Add your comment below. You can also subscribe to these comments via RSS

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar

You might also likeclose