Cycling Reference
Tips & Trick
Health & Fitness
Ensiklopedia
Bike Part & Review
Home » Opini

TAWARAN KREDIT SEPEDA, MASIH SEPI SAJA

Submitted by on 27 August 2012 – 04:49

Mengapa TAWARAN KREDIT SEPEDA tak sesemarak tawaran kredit sepeda bermotor? Pertanyaan ini secara tidak langsung masih terkait dengan posting kami sebelumnya “Harga Sepeda Gunung Menduduki Top Search Google”. Dimana riset kecil-kecilan tersebut salah satunya mengidikasikan tingginya minat masyarakat akan sepeda.

kredit sepeda gunung

Permintaan produk sepeda akan mencapai ekuilibrium ketika bertemu di satu titik dengan kurva supply yang artinya ini adalah potensi bisnis. Diversifikasi harga dengan ragam kelas produk merupakan satu alternatif untuk dapat dijangkau seluruh khalayak. Namun demikian, secama umum Harga Sepeda dipandang tidak lagi murah, mengingat mungkin posisi sepeda bukan merupakan kebutuhan pokok. Nah, sebab inilah terbentuk kesenjangan pasar.

Siapa berani masuk ke niche market seperti ini? Dalam opini kami, siapa saja yang berani hadir dengan TAWARAN KREDIT SEPEDA. Ingat juga bahwa kepemilikan sepeda motor bukan barang kebutuhan pokok namun cukup mudah masyarakat memutuskan membelinya dengan cara kredit.

Satu Dua vendor memang kemudian memberanikan diri menawarkan skema kredit kepemilikan sepeda tanpa motor ini. Namun masih sebatas aksi yang dilakukan oleh distributor pemegang merk seperti Rodalink dengan kredit sepeda Polygonnya atau Jaringan bisnis retail yang telah lama menawarkan kredit barang-barang retail konsumtif, perlakuannya mungkin sama seperti kredit barang-barang elektronik.

Model Pembiayaan Kepemilikan Sepeda melalui kredit ini nampaknya memang belum terlalu menarik bagi pelaku bisnis atau ada pertimbangan lain? Berikut kami kutipkan satu fakta dalam sebuah wawancara harian online radarbanjarmasin.co.id dengan pemilik toko sepeda yang menawarkan skema pembiayaan kredit kepemilikan sepeda.

Menurut Sugi, pemilik toko sepeda di sebuah kawasan Jalan Veteran, Banjarmasin, penjualan sepeda secara kredit awalnya memang memang belum terlalu diminati (mungkin karena ini hal baru). Namun, lmbat waktu kredit sepeda justru makin banyak konsumennya. “Ada lonjakan penjualan yang cukup menggembirakan sejak trend bersepeda masuk ke Banjarmasin. Tidak hanya penjualan secara tunai, sepeda yang dijual secara kredit bisa dibilang laris manis,” ujar Sugi.

Pemilik toko yang sama memaparkan bahwa dalam sebulan selalu ada peminat sepeda yang membeli secara kredit. “Setidaknya, ada belasan unit sepeda yang berhasil dijual secara kredit. Kebanyakan, sepeda yang paling banyak dibeli secara kredit adalah jenis sepeda gunung atau MTB dengan kisaran harga Rp 2 juta ke atas. Bahkan, sepeda jenis fixie yang harganya di bawah Rp 2 jutaan juga laku dijual secara kredit,” ujarnya.

Walaupun memudahkan para pehobi sepeda untuk membeli sepeda idamannya, penjualan sepeda secara kredit ini dinilai cukup beresiko, terutama bagi pelaku usaha sekelas Sugi. “Sepeda kan beda dengan kendaraan bermotor. Kalau motor atau mobil ada surat kepemilikan (BPKB, red) yang bisa dijadikan jaminan kredit. Tapi, kalau sepeda tidak ada jaminan apapun, sama seperti kredit barang-barang elektronik. Tentu saja hal ini bisa beresiko menimbulkan kredit macet atau krediturnya kabur.

Untuk menyiasatinya, para pedagang sepeda seperti Sugi kemudian menjalin kerjasama dengan pihak pembiayaan (guna berbagi resiko). “Dengan adanya pihak pembiayaan, maka ada jaminan sepeda yang dibeli secara kredit bisa tuntas dan tidak menimbulkan masalah. Bahkan, ada sejumlah perusahaan pembiayaan yang justru menguntungkan bagi konsumen. Yakni, dengan menawarkan angsuran ringan, bunga rendah, dan ada asuransi sepeda.

Ilustrasi ini menunjukkan bahwa Kredit Sepeda masih memiliki peluang yang luas. Ilustrasi ini pun menggambarkan potensi dari segmen low price bike. Bagaimana dengan rekan-rekan hobiis yang menghendaki sepeda nyaman dengan part termutakhir namun memiliki dana terbatas? Tawaran Kredit Sepeda juga keniscayaan bagi pasar seperti ini bukan. Saya sendiri mungkin akan tergoda jika ada yang menawarkan kredit sepeda idaman dengan margin (sering dikenal sebagai bunga) ringan, siapa mau?

Incoming search terms:

kredit sepeda mtbkredit sepeda bandungkredit sepedaKREDIT SEPEDA GUNUNGkredit sepeda di bandungtoko sepeda banjarmasinkredit sepeda polygon di rodalinkkredit sepeda murahkredit sepeda jogjatempat kredit sepeda di bandung

Leave a comment

Add your comment below. You can also subscribe to these comments via RSS

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar

You might also likeclose