Cycling Reference
Tips & Trick
Health & Fitness
Ensiklopedia
Bike Part & Review
Home » Health & Fitness

Watt Cycling Power, Seberapa Hebat Kayuhan Anda?

Submitted by on 12 March 2014 – 18:00

Sebagian rekan, kami yakini sudah memahami konsep Watt Cycling Power ini, namun demikian masih sangat mungkin banyak yang terheran dan bertanya dalam hati apa hubungannya metrik Watt dengan aktivitas bersepeda? Bukankah watt adalah satuan ukur yang biasa digunakan dalam dunia kelistrikkan?

Konsep Watt Cycling Power merupakan satuan konversi energi yang menunjukkan seberapa besar kekuatan kayuhan (pumping) kaki kita terhadap crank. Hal ini sangat menonjol/nampak pada aktivitas bersepeda up hill, malalui bukit dsb.

Intinya, konsep Watt Cycling Power saat ini telah digunakan untuk menunjukkan kemajuan/seberapa fit (fitness) para sepeda. Secara luas hal ini telah diterapkan untuk mengukur fitness para pesepeda profesional.

Parameter fitness dalam satuan Watt ini sebenarnya sudah mulai digunakan mulai era tahun 1990an. Sebelumnya para pesepeda mengukur performanya dengan mengacu pada heart rate maupun rata-rata jarak tempuh per satuan waktu (misal miles per jam atau kilometer per jam). Nah, mulai tahun 90an tersebut, para elite pesepeda (profesional) mulai menggunakan satuan Watt sebagai acuan performanya.

Patut rekan-rekan ketahui bahwa rata-rata pesepeda pada umumnya memiliki kemampuan WCP ini sebesar 100 watts, sementara tahukah anda bahwa Lance Armstrong mampu menghasilkan WCP pada kisaran angka rata-rata 400 watts pada stage akhir final Tour de France stage.

Leave a comment

Add your comment below. You can also subscribe to these comments via RSS

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar

You might also likeclose