Cycling Reference
Tips & Trick
Health & Fitness
Ensiklopedia
Bike Part & Review
Home » Health & Fitness

Tips Pemulihan Setelah Bersepeda Jarak Jauh (Touring)

Submitted by on 16 April 2012 – 09:44

Tips Pemulihan Setelah Bersepeda Jarak Jauh (Touring) – Lazimnya, para weekend warrior / pesepeda sangat menyukai ‘acara’ gowes bareng (dalam rombongan) dalam jarak jauh (touring), kami pun dari ThingsBike.com seringkali melakukannya. Bersepeda dalam jarak jauh dengan rute yang sudah ditentukan sangat menyenangkan. Selain berlatih meningkatkan daya tahan (endurance), bersepeda juga dapat melatih berbagai macam teknik mengendarai sepeda.

Tips Pemulihan Setelah Bersepeda Jarak Jauh (Touring)

Bersepeda dalam jarak yang cukup jauh akan menghabiskan banyak tenaga. Kelelahan (fatigue) dalam jangka waktu lama akan menurunkan kondisi tubuh sehingga dibutuhkan pemulihan (recovery) yang cepat agar dapat kembali mendapatkan kondisi 100% segar. Beberapa rekan sempat mengeluh kelelahan selepas bersepeda jarak jauh tersebut. Bahkan, konon kelelahan tersebut mereka rasakan setidaknya sampai 2 hari.

Nah, apakah kelelahan seperti itu bisa dinilai wajar? Jangan-jangan hal tersebut menimbulkan efek ‘traumatik’ sehingga masa istirahat kita bablas berkepanjangan dan akhirnya berdampak ‘enggan’ untuk bersepeda lagi. Berikut tips pemulihan setelah bersepeda jarak jauh (touring), dijelaskan mulai dari step istirahat sampai dengan bentuk latihan untuk mengembalikan kemampuan bersepeda kita seperti sedia kala.

  1. Alokasikanlah waktu yang cukup untuk istirahat (1-2 hari setelah perjalanan jauh).
  2. Setelah masa istirahat tersebut, Anda dapat mulai kembalilah bersepeda dengan pemanasan kurang lebih 20 menit dengan kecepatan yang ringan (easy riding). Naikkan intensitas selama 18 menit atau 19 menit untuk mengatur pernafasan.
  3. Rencanakan rute atu jalur yang sesuai untuk pemulihan, rute datar dan tanjakan-turun yang ringan (sweet spot) sangat cocok untuk proses pemulihan. Gunakan chainring besar dan pilih sprocket medium.
  4. Cobalah untuk berdiri sesaat di atas sadel dan mulailah sprint. Cobalah untuk menghitung pedal stroke, cukup 25 kali pada setiap kali Anda melakukan sprint. Atur jeda waktu setiap kaliAnda melakukan sprint, jaga ritme kecepatan Anda. Enam kali sprint sudah sangat cukup untuk pemulihan. Latihan tersebut dapat membantu kita melemaskan otot-otot kaki yang tegang.
  5. Setelah 6 kali sprint, luangkan waktu untuk menempuh rute turun yang ringan dan flat sekitar 20-30 menit.
  6. Bersepeda pada rute ringan (sweet spot) sangat membantu suksesnya proses pemulihan. Setelah proses pemulihan usai, usahakan untuk latihan pendinginan dengan easy riding kurang lebih 10 menit.

Istirahat yang cukup, suplemen vitamin dan nutrisi yang tepat  bagi tubuh sangat menunjang keberhasilan proses pemulihan kondisi fisik. Sangat dianjurkan mengkonsumsi sumber vitamin dan mineral dengan kandungan antioksidan, dan kandungan lain seperti glutamine, magnesium dan omega-3. Hmm, sangat simpel kan Sobat Tips Pemulihan Setelah Bersepeda Jarak Jauh (Touring) ini, Semoga bermanfaat ya.

Incoming search terms:

cara ngembaliin energi setelah lama berkendaracara untuk membuat badan kembali bugar setelah touring motorpersiapan sepeda touring

59 Pingbacks »

    Leave a comment

    Add your comment below. You can also subscribe to these comments via RSS

    Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

    You can use these tags:

    <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

    This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar

    You might also likeclose