Cycling Reference
Tips & Trick
Health & Fitness
Ensiklopedia
Bike Part & Review
Home » Health & Fitness

PENYEBAB NYERI SENDI KARENA BERSEPEDA

Submitted by on 29 July 2011 – 06:34

PENYEBAB NYERI SENDI KARENA BERSEPEDA – Hal ini seolah kontradiktif dengan tujuan awal bersepeda, supaya memiliki badan sehat. Kenyataanya, nyeri sendi atau kecelakaan kecil akibat bersepeda seringkali terjadi jika aktivitas gowe dilakukan dengan kurang ‘tepat’. Pada posting kali ini, ThingsBike coba menyajikan beberapa sebab nyeri sendi saat atau setelah bersepeda yang kerap terjadi, berikut pencegahannya.

  • Nyeri Achilles Tendon Karena Teknik Pedalling yang Kurang Pas. Achilles tendons adalah otot (tendon) yang terletak dibagian belakang pergelangan kaki (engkel), menghubungkan otot betis dengan tumit. Jika anda mengalami rasa sakit pada tendon ini, hal tersebut biasanya mengindikasikan adanya masalah dengan teknik pedaling. Masalah achilles tendon sering diakibatkan dari “angkling” (pergerakan pergelangan kaki) saat menggenjot pedal. Hal ini umumnya berhubungan dengan sadel yang terlalu tinggi, yang memaksa Goweser untuk menggunakan ujung jarinya secara eksesif untuk meraih pedal pada posisi terbawah. Bisa juga disebabkan oleh cleat anda diseting terlalu jauh ke depan atau sebaliknya pedaling dengan ujung kaki. Semakin jauh kontak antara kaki dengan pedal maka semakin besar tekanan yang dialami achilles tendons.

  • Nyeri Pergelangan Kaki Karena Ketidaksesuaian Postur Telapak Kaki dengan Crank. Sakit pada pergelangan kaki sering diakibatkan karena “angkling” (pergerakan pergelangan kaki) saat pedaling. Bisa juga diakibatkan karena bentuk telapak kaki yang datar (flat footed) dimana sepatu orthotic biasanya dapat membantu. Sebab lain adalah karena pedal atau lengan pedal (crank)  yang bengkok menyebabkan kaki berguling-guling maju dan mundur saat pedal berputar.
  • Cedera Lutut Karena Bike Fitting yang Kurang Pas. Dibandingkan aktifitas aerobik yang lain, bersepeda apabila dilakukan dengan benar adalah aktifitas aerobik yang memberikan tekanan paling kecil kepada lutut. Namun demikian cidera lutut pesepeda sering terjadi, biasanya akibat salah teknik atau kesalahan bike fitting. Sehingga Posisi anatomis organ tubuh Sobat sebenarnya tidak nyaman/kurang ideal ketika bersepeda, dan karena hal ini berlangsung lama (sepanjang aktivitas tracking), akibatnya nyeri baru terasa pada penghujung aktivitas bersepeda saat tubuh sudah merasakan lelah. Pencegahannya, bisa Sobat baca kembali posting kami Fitting Geometri, Ukuran Sepeda Ideal

Selain tiga poin PENYEBAB NYERI SENDI KARENA BERSEPEDA telah dijelaskan di atas, masih ada beberapa lagi yang mungkin terjadi di kalangan cyclist. Namun demikian hakikatnya nyeri-nyeri yang kerap terjadi tersebut bermuara pada hal yang sama yaitu kekurang pas-an fitting dan geometri sepeda yang digunakan mungkin tidak sesuai dengan anatomi si goweser.

Leave a comment