Cycling Reference
Tips & Trick
Health & Fitness
Ensiklopedia
Bike Part & Review
Home » Health & Fitness

Nyeri Pada Genital karena Bersepeda

Submitted by on 5 October 2015 – 02:05

Apakah anda pernah merasakan nyeri pada bagian genital dan perineum selepas bersepeda? Jika anda mengalaminya, cobalah meningkatkan ketinggian setang sepeda anda.

Tekanan berlebihan dari sadel sepeda dapat menyebabkan mati rasa dan nyeri pada alat kelamin (genital) dan perineum (antara alat kelamin dan anus) serta kerusakan saraf dan disfungsi seksual, bukan hanya pada pria, tetapi juga wanita.

Seperti ditunjukkan dalam sebuah studi dalam Journal of Sexual Medicine, yang meneliti responden 48 wanita pengendara sepeda, menyebutkan bahwa settingan setang yang lebih rendah dari sadel sepeda berpotensi meningkatnya tekanan pada perineum dan penurunan sensasi vagina dan labial. Untuk itu aturlah setang lebih tinggi sehingga Anda duduk tegak.

Lalu bagaimana jika saya memang seorang pesepeda profesional yang memang menghendaki settingan sepeda demikian? Ada alternatif tips sebagai berikut: sesuaikan sudut sadel dan setang untuk mendapatkan posisi yang lebih horisontal.

Atau dengan mengatur ketinggian sadel sepeda anda sehingga Anda tidak intens bergerak/bergetar dari sisi ke sisi mengikuti gerak pedal anda; atau mencoba sadel yang lebih luas (terutama jika Anda memiliki wasir) atau dengan menambahkan bantalan gel yang ditempatkan di atas sadel dan pastikan sepeda memiliki peredam kejut yang baik.

Khusus untuk sadel,saat ini sudah banyak tersedia sadel dengan cekungan atau lubah di bagian tengah/center sepeda, nampaknya desain tersebut ditujukan untuk mengurangi problem nyeri tersebut. Selamat mencobanya rekan goweser.

salaam bersepeda

Leave a comment

Add your comment below. You can also subscribe to these comments via RSS

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar