Cycling Reference
Tips & Trick
Health & Fitness
Ensiklopedia
Bike Part & Review
Home » Health & Fitness, Tips & Trick

Merencanakan Trek/Rute Bersepeda Dengan Google Earth

Submitted by on 3 April 2012 – 23:17

Merencanakan Trek/Rute Bersepeda, pentingkah? tentu penting Sobat, khususnya ketika kita memutuskan untuk bersepeda dengan rute-rute baru, apalagi di daerah yang belum kenal betul. Para hobiis maupun pro rider gaek melakukan hal ini sebelum touring/treking panjang yang mereka jalani

merencanakan trek route bersepeda

Sebuah tool yanga dapat kita manfaatkan dalam perencanaan trek/rute bersepeda kita diantaranya adalah google earth. Keuntungan dari penggunaan google earth dalam perencanaan trek/rute bersepeda adalah bahwa kita dapat melihat kontur dan jenis medan yang akan kita lewati sehingga kita dapat memprediksikan tingkat kesulitan/tantangan trek tersebut.


Langkah Membuat Trek/Rute Dengan Google Earth

Dalam membuat rencana rute/trek bersepeda, Sobat dapat mengawalinya dengan menggunakan menu tool ‘draw path’ (pada gambar di atas, kami tandai dengan sign oval merah muda). Ketika Sobat klik tombol tersebut, akan muncul sebuah ‘dialog box’ dimana Sobat bisa mengetikkan nama rencana trek yang hendak Sobat buat (pada contoh kami, file trek dinamai dengan ‘Cycle Path’). Lalu, mulailah dengan Klik/tentukan titik start perjalanan Sobat, kemudian tarik garis sepanjang jalan yang hendak Sobat lalui, lalu klik lagi untuk setiap tikungan yang sobat temui. Setiap klik yang sobat lakukan akan terbentuk titik (point).

Lakukan hal di atas sampai Sobat menemukan ‘point’ tujuan akhir rute/trek bersepeda yang Sobat rencanakan. Oiya, pilihan warna garis dan ketebalannya dapat sobat ubah sesuka hati ya.

Setelah selesai menggambar rencana trek sepedaan kita, maka tahap selanjutnya adalah memindahkan jalur rencana trek tersebut ke GPS sebagai alat pandu kita selama treking. Namun sebelumnya kita harus menyimpan trek rencana tersebut pada tempat perantara melalui email atau di suatu folder pada komputer kita (pilih ‘Save Place as..’).

Proses tersebut kami deskripsikan melalui gambar berikut, yang menunjukkan menu google earth pada bagian sidebar. File yang dihasilkan dari pembuatan rencana trek/rute tersebut berupa file ber-ekstensi ‘.kmz’, pada contoh kasus kami selengkapnya file bernana “Cycle Path.kmz”.

merencanakan trek rute bersepedaFile dengan format ‘.kmz’ tersebut harus diubah menjadi file berformat ‘.gpx’ atau ‘.gdb’ misalnya agar kompatibel dengan sebagian besar handheld GPS.

Untuk merubah ekstensi file tersebut, Sobat dapat menggunakan routeconverter, atau program lain seperti GPSBabel yang dapat memberikan banyak pilihan format file geodetik.

Mengubah format file untuk ‘.kmz’ agar gps-friendly ‘.gpx’ juga dapat dilakukan secara online dengan gpsies.

Nah, setelah file rencana trek/rute bersepeda tersebut dikonversi ke dalam format ‘.gpx’, Sobat sudah bisa memindahkannya/meng-upload-nya ke Perangkat GPS. Dan file rencana trek/rute bersepeda yang telah Sobat buat sudah siap digunakan ‘esok’ hari.

Incoming search terms:

cara membuat rute di google earthalat yang menunjukan rute atau jalur ke filemerencanakan track bersepedamembuat rute sepedaedit track gps di google earth#edit track gps di google earthcara membuat trek sepedacara membuat rute lari di google eartcara membuat jalur google eatthcara membuat file kmz

No Comment »

1 Pingbacks »

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> 

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

You might also likeclose