Cycling Reference
Tips & Trick
Health & Fitness
Ensiklopedia
Bike Part & Review
Home » Health & Fitness

MENU DIET ALA ATLET SEPEDA PROFESIONAL

Submitted by on 2 August 2011 – 07:00

TIPS MENU DIET ALA ATLET SEPEDA PROFESIONAL – Seorang atlet sepeda profesional menghabiskan setidaknya waktu dua sampai enam jam tiap harinya untuk berlatih. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan energi tubuh agar dapat mengimbangi pola latihan yang sedemikian ketat tersebut, seorang atlit memiliki menu diet yang ketat.

Untuk memaksimumkan physical potential mereka, atlit sepeda profesional harus mengkonsumsi diet berimbang antara kebutuhan karbohidrat, lemak dan protein, selain itu mereka juga mesti memperhatikan kecukupan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Fungsi utama diet ini bagi para atlit diantaranya, sebagai sumber energi utama bagi otot-otot tubuh selama berlatih atau sepanjang turnamen, support pembentukan dan memperbaiki otot-otot dan jaringan tubuh si Atlet.

Dalam satu hari latihan, seorang atlet sepeda profesional setidaknya perlu mengkonsumsi sekitar 5.000 kalori. Jumlah ini bisa saja bertambah menyesuaikan pada kondisi, misal ketika mengikuti event kejuaraan bersepeda, sebagai contoh: Lance Armstrong mengkonsumsi sekitar 7.000 kalori dalam satu hari, sepanjang mengikuti event Tour de France.

Kalori terutama dibentuk dari karbohidrat, berfungsi sebagai sumber energi. Sementara protein berfungsi dalam peremajaan dan memperbaiki jaringan otot. Disusul dengan fungsi lemak sebagai cadangan sumber energi. Adapun vitamin dan nutrisi suplemen turut ditambahkan dalam menu diet seorang atlet sepeda profesional, namun dengan pengawasan dokter/ahli gizinya.

Seorang atlet profesional memulai ‘pagi’ dengan sarapan sekitar tiga jam sebelum latihan dan kejuaraan. Menu sarapan mereka terdiri atas karbohidrat dan protein, yang terkandung dalam cerealia (biji-bijian seperti beras, gandum), pasta, roti, daging, madu dan orange jus. Sementara setelah berlatih, mereka memfokuskan diri pada kecukupan cairan tubuh dan elektrolit, penggantian glikogen (gula darah) dengan 100gram karbohidrat pada rentang waktu dua jam.

Sementara untuk menu makan malam, seorang atlit sepeda mengkonsumsi makanan dengan kandungan (karbohidrat, protein dan lemak) berimbang, seperti: salad, pasta atau nasi, buah, kudapan manis, menu dengan kandungan protein.

Jika sebelumnya telah disinggung tentang menu sarapan dan makan malam, maka yang terjadi pada (siang) ketika seorang atlet profesional tengah menjalani aktivitasnya bersepeda, Nutrisi yang sangat penting untuk menjaga output tenaga maksimum sepanjang latihan, diantaranya Botol air minuman ber-elektrolit yang bermanfaat untuk fungsi otot dan hidrasi. energy bars, buah-buahan seperti pisang dan jeruk, power gel, atau kudapan semacam sandwich yang mudah dimakan.

George Hincapie, mantan USPRO Road Race Champion dan Olimpiade AS, mengatakan, "Saya memiliki aturan bahwa saya tidak akan bersepeda dalam kondisi tubuh lapar" Bahwa filsafat diikuti oleh setiap pengendara sepeda profesional. Itulah TIPS MENU DIET ALA ATLET SEPEDA PROFESIONAL

Incoming search terms:

makanan atlet sepedamenu sarapan pagi atletmenu sarapan pagi untuk olahragawansuplemen atlet sepedamenu sarapan pagi olahragawanmenu sarapan pagi untuk atletsarapan pagi atletmenu sarapan atletsarapan pagi olahragawanmenu srapan pagi olahragawan

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> 

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

You might also likeclose