Cycling Reference
Tips & Trick
Health & Fitness
Ensiklopedia
Bike Part & Review
Home » Bike Campaign, Health & Fitness

KEAMANAN BERSEPEDA UNTUK ANAK ANDA

Submitted by on 20 October 2011 – 07:03

KEAMANAN BERSEPEDA UNTUK ANAK-ANAK – Pakar Kesehatan Anak, Dr Kate M. Cronan, dari Jaringan Rumah Sakit Anak Nemours, melaporkan bahwa lebih dari 300.000 anak muda Amerika setiap tahun berakhir di ruang gawat darurat karena kecelakaan sepeda. Beberapa cedera yang kecil, namun beberapa anak mengalami cedera kepala atau patah tulang.

keamanan bersepeda untuk anak-anak

Kecelakaan sepeda sebenarnya dapat dihindarkan/dicegah sepanjang anak-anak diajarkan dan mengikuti aturan keselamatan bersepeda.


Proteksi

Tidak ada aturan yang mengharuskan bahwa ketika kita bersepeda harus mengenakan helm, untuk dewasa pun untuk anak-anak. Namun demikian tidak salahnya kita mengenakan dan menganjurkan anak-anak kita menggunakannya saat bersepeda. Rangsang, anak-anak kita mengenakan helm dengan menempelkan stiker-stiker menarik atau biarkan mereka ‘berekspresi’dengan menghias helm mereka. Buat ia tertarik dan ‘bangga’ dengan mengenakannya.

Pakaian Sepeda

Ajarkan anak Anda untuk memakai pakaian yang tepat saat dia bersepeda. Tinggalkan jauh-jauh pakaian longgar yang bisa menjadi penyebab Anak Anda terjerat dalam rantai sepeda, termasuk tali sepatu panjang dan celana longgar.

Tali ransel yang kelewat panjang juga dapat terjebak dalam sebuah rantai sepeda atau jari-jari. Sandal jepit dan sandal harus dihindari karena mereka dapat dengan mudah lolos dari pedal. Jangan biarkan Anak-anak Anda naik sepeda sambil bertelanjang kaki. Ingat itu!

Reflektor

Lengkapi anak-anak anda dengan pakaian/kelengkapan bersepeda dengan reflektor. Misalnya mengenakan pakaian warna terang atau neon glow. Regulator lalulintas di Amerika malah menyarankan, ketika bersepeda di jalan raya lengkapi dengan bendera untuk membuat mereka lebih mudah dilihat oleh pejalan kaki dan pengendara kendaraan bermotor lain.

Sebuah bel atau klakson memungkinkan anak untuk memperingatkan pejalan kaki di dekatnya. Anak-anak juga harus diajarkan secara lisan memperingatkan pejalan kaki dan pengendara sepeda lain ketika bersiap-siap untuk melewati mereka.

Aturan Berlalu-lintas

Bekali Anak-anak kita dengan pemahaman yang menyeluruh tentang aturan berlalu-lintas, karenya kenyataannya mereka harus berinteraksi dengan pengguna jalan lain kala bersepeda. Misalnya: mengetahui di sisi bagian jalan sebelah mana seharusnya mereka mengendarai sepedanya, bagaimana memberikan isyarat tangan menunjukkan belok kiri atau kanan.

Mereka juga harus diajarkan untuk mematuhi rambu-rambu jalan, Dan perlu dicamkan baik-baik ‘Jangan pernah beri contoh buruk dan biarkan anak Anda untuk naik sepeda sambil mendengarkan musik dengan headphone. Headphone membuat sulit untuk mendengar klakson mobil atau pemberitahuan bahaya. Berbahaya bung!

Merawat Sepeda

Bantu dan ajarkan pada anak Anda untuk merawat dan memelihara Sepedanya dengan baik. Seperti mengecek kondisi fisik sepeda saat akan digunakan (tekanan angin, ketinggian sadel, fungsi pengereman, kondisi rantai), melumasi bagaian-bagian tertentu secara teratur, dan perlu juga ajarkan cara perbaikan ringan saat beberapa bagian komponen sepeda mengalami kerusakan dan hal tersebut mungkin untuk kita lakukan sendiri di rumah.

Ingatkan Pentingnya Keselamatan Bersepeda

Sering mengingatkan anak Anda tentang pentingnya keselamatan bersepeda. Lebih baik mencegah bukan? daripada semua itu berakhir dengan ‘penyesalan’.

Incoming search terms:

helm sepeda anakcelana buat naik sepeda gunungbaju balap sepeda anak-anakcara membuat sepeda glowhelm sepeda untuk anak anakkelengkapan bersepeda utk anak2pakaian sepeda gunung

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> 

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

You might also likeclose