Cycling Reference
Tips & Trick
Health & Fitness
Ensiklopedia
Bike Part & Review
Home » Health & Fitness

Bersepeda ke Tempat Kerja & Sekolah, Tingkatkan Konsentrasi

Submitted by on 28 November 2012 – 04:02

Melalui posting “Bersepeda ke Tempat Kerja & Sekolah, Tingkatkan Konsentrasi” ini kami mengawali perjumpaan kembali dengan Sobat gowes, setelah sekian lama dorman enggak posting-posting, hehe. Inti dari artikel pembuka pagi ini sebagian merupakan repost dari artikel di detik.com. Kami muat ulang di sini dengan harapan manfaat positifnya lebih luas ya.

Bersepeda dan Peningkatan Konsentrasi

Sebelumnya, saya pernah membaca disebuah media publik online yang tepatnya saya lupa, bahwa sebagian orang percaya dengan melakukan aktivitas fisik (bisa dalam bentuk olahraga) pada malam hari akan membuat kita lebih mudah lelap tertidur karena mengeluarkan energi lebih yang berakibat lelah dan akhirnya lelap.

Namun kemudian terdapat catatan jika aktivitas olahraga dilakukan dalam waktu 3 jam sebelum tidur akan meningkatkan suhu tubuh dan justru ini berpengaruh pada proses tidur yang lebih sulit.

Apakah hal tersebut ada kaitannya dengan Meningkatnya Konsentrasi sebab Bersepeda ke Sekolah atau Tempat Kerja? Sebuah penelitian dari Denmark menyebutkan bahwa siswa yang berjalan atau bersepeda ke sekolah lebih mudah berkonsentrasi dibandingkan siswa yang menggunakan transportasi umu ataupun yang diantar ke sekolah.

Penelitian ini melibatkan 19.527 siswa berusia 5-19 tahun, dengan pertanyaan soal pola makan dan kebiasaan olahraganya. Peneliti Denmark, Niels Egelund menyebutkan bahwa siswa yang melakukan aktivitas fisik berupa bersepeda maupun jalan kaki menuju sekolah menunjukkan peningkatan dalam konsentrasi selama 4 jam kemudian, sebagaimana dilansir dalam Medical Daily (Rabu, 28/11/2012).

Penelitian ini sekaligus menghasilkan simpulan ilmiah bahwa olahraga memiliki pengaruh peningkatan pada konsentrasi siswa lebih besar dibandingkan efek peningkatan konsentrasi yang ditimbulkan sebab sarapan dan makan siang.

Hasil penelitian di atas nampaknya logikanya memiliki efek yang sama dengan aktivitas bersepeda atau jalan kaki menuju tempat kerja ya? meski belum kami dapati penelitian mengarah pada hal tersebut. So, sederhananya coba buktikan sendiri, suatu saat Anda berkendara motor ke kantor dan bandingkan ketika Anda Bersepeda ke Kantor, apakah memiliki efek yang berbeda, seperti Anda menjadi lebih bugar, dan lebih konsentrasi dalam mengerjakan tugas-tugas kantor Anda, pengalaman saya pribadi menunjukkan benar demikian.

Incoming search terms:

manfaat bersepeda ke sekolahapakah berangkat bekerja naik sepeda baikbersepeda berangkat sebersepeda sekolahkebijakan tentang naik sepeda bekerja dan sekolahpergi kesekolah pakai sepedaSeorang Anak pergo ke sklh dengan bersepeda jarank rumah ke sklah adalah 5 4 km Untuk sampai di sklh di prlukan Waktu 30 menit Kecepatan brsepeda Anak trsebut adalh??tips bersepada ke sekolah

31 Pingbacks »

    Leave a comment

    Add your comment below. You can also subscribe to these comments via RSS

    Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

    You can use these tags:

    <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

    This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar

    You might also likeclose