Cycling Reference
Tips & Trick
Health & Fitness
Ensiklopedia
Bike Part & Review
Home » Ensiklopedia

Sejarah Sepeda Touring

Submitted by on 6 March 2012 – 05:51

SEJARAH SEPEDA TOURING – Konon, bahkan sebelum ‘prototipe’ sepeda diciptakan, telah ada sebuah kendaraan beroda dua yang memungkinkan individu berjiwa kreatif dan petualang untuk melakukan perjalanan jarak jauh, dengan mengandalkan tenaga mereka (manusia) sendiri.

sejarah sepeda touring

Sebut saja Dandy-Horse (juga dikenal sebagai ‘Hobby-Horse) sebagai salah satunya. Ini adalah kendaaraan beroda dua yang diciptakan pada abad ke-19, dengan desain mirip sepeda modern yang saat ini kita jumpai. Mengendarai Dandy-Horse kala itu seperti orang berjalan atau berlari dengan penumpu dua roda. Dandy-Horse melaju mengandalkan sepenuhnya pada langkah (pijakan) kaki (pada tanah) pengendaranya.

Meski dengan desain sangat sederhana, Dandy-Horse telah mampu memotivasi keberanian beberapa individu di 1820’s mewujudkan gagasan untuk melakukan perjalanan menjelajah Eropa dengan bantuan kendaraan ringan ini.

Sekitar tahun 1870 perbaikan drastis dilakukan pada desain Dandy-Horse. Alih-alih dari sebuah kendaraan yang didorong oleh pengendara dengan kaki Nya, serangkaian pedal ditambahkan ke roda depan kendaraan, yang memungkinkan pengendara untuk menjangkau jarak yang lebih jauh dalam jangka waktu yang lebih singkat.

The Penny-farthing, dengan nama itu desain sepeda tersebut populer. Desain yang masih tampak aneh, dengan sebuah roda besar di depan dan roda kecil di belakang. Meski demikian, inilah yang kemudian mendorong awal rekreasi bersepeda di Eropa dan seterusnya.

sejarah sepeda touring

Pada tahun 1878, mengendarai sepeda untuk kesenangan cukup dikenal di Inggris raya. Hal ini pula yang menjadi cikal bakal terbentuknya Bicycle Touring Club, yang kemudian dinamakan sebagai Cyclists Touring Club. Yang masih eksis sampai saat ini, dan menjadi sebuah organisasi tourisme nasional tertua di dunia.

Di tahun 1880-an, penny-farthing digantikan oleh sepeda yang lebih safety, yang, tidak seperti pendahulunya, dirancang dengan dua berukuran sama roda dan didorong melalui gigi yang melekat pada hub belakang. Inilah desain sepeda yang dianggap lebih aman daripada penny-farthing, inkarnasi pertama lahirnya sepeda modern.

Dari desain sepeda yang lebih safety inilah lahir penjelajahan/touring dengan jarak lebih jauh. Pada Juli 1896, seorang berkebangsaan Inggris, John Foster dan dua orang teman dekatnya mengelilingi dunia dengan sepeda mereka. Mereka menempuh jarak sejauh 19.237 mile, dalam periode dua tahun dua bulan, melintasi 17 negara dari tiga benua.

Setelah John Foster Fraser, lahir kemudian pesepeda-pesepeda penjelajah baru. Meski mulai populer di Inggris, Konsep Touring jarak jauh dengan sepeda ini pun menular sampai ke Amerika. Pada Mei 1880, The League of American Wheelmen didirikan di Newport, Rhode Island. organisasi yang menaungi minat bersepeda rekreasi sekaligus administrator penyelenggaraan olahraga balap sepeda. Pada tahun 1898, anggota organisasi ini mencapai 100.000 orang.

Di bagian lain Benua Eropa, kegemaran tourung bersepeda mulai menyebar juga. the British Cyclists’ Touring Club di Inggris telah menginspirasi seorang pesepeda berkebangsaan Prancis, Paul de Vivie untuk mempopulerkan “cyclo-tourisme”, dan menjadi cikal bakal terbentuknya Fédération Française de Cyclotourisme.

sejarah sepeda touring

Saat ini, sepeda touring modern telah sedikit berbeda dibanding awal kemunculannya pada abad ke-19. Sepeda Touring/wisata modern telah mengadopsi beberapa penggunaan teknologi maju seperti gadget pemetaan dan alat komunikasi, yang mampu memandu perjalanan touring sekaligus ‘mengabadikan’ jalur-jalur touring spektakuler yang pernah dilalui peserta tour. SEJARAH SEPEDA TOURING

Incoming search terms:

sepeda touring dijualsepeda abad 19sejarah sepeda touringsepedah touring amerika

Leave a comment

Add your comment below. You can also subscribe to these comments via RSS

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar

You might also likeclose