Cycling Reference
Tips & Trick
Health & Fitness
Ensiklopedia
Bike Part & Review
Home » Ensiklopedia

SEJARAH DESAIN HELM SEPEDA

Submitted by on 26 September 2011 – 05:02

sejarah helm sepedaSEJARAH DESAIN HELM SEPEDA – Bicara soal helm sepeda maka patut diketahui pula asal-usul sejarahnya. Sebuah helm sepeda adalah helm dimaksudkan untuk dipakai saat mengendarai sepeda. Mereka dirancang untuk mengurangi dampak pada tulang kepala (tengkorak) seorang pengendara sepeda ketika jatuh dan meminimalkan efek samping seperti gangguan penglihatan tepi karena benturan tersebut.

Mengapa Desain Helm Sepeda Sangat Ringan dan Banyak Lubang?

Sebuah helm sepeda umumnya ringan dan memberikan ventilasi yang cukup, Hal ini disebabkan karena bersepeda dapat menjadi aktivitas aerobik intens yang secara signifikan meningkatkan suhu tubuh, dan kepala dalam kebutuhan khusus untuk dapat mengatur suhu.

Bentuk dominan dari helm sampai dengan tahun 1970 adalah model kulit “hairnet”. Hal ini menawarkan perlindungan diterima dari goresan dan luka, tetapi perlindungan dampak hanya minimal, dan terutama digunakan oleh pengendara sepeda balap.

Penggunaan yang lebih luas helm mulai di Amerika Serikat pada 1970-an. Setelah beberapa dekade, ketika sepeda dianggap hanya sebagai mainan anak-anak, akhirnya orang dewasa Amerika banyak melakukan aktivitas bersepeda  dan kemudian booming sepeda pada tahun 1970-an.

Dua dari helm sepeda modern pertama dibuat oleh MSR, produsen peralatan mountaineering, dan Bell Olahraga, produsen helm untuk balap mobil dan sepeda motor. Hal ini bisa dibilang sebagai tonggak Sejarah Desain Helm Sepeda Modern.

Helm ini adalah spin-off dari pengembangan liners busa polystyrene diperluas untuk helm sepeda motor dan motorsport, dan memiliki cangkang yang keras dari plastik polikarbonat. Secara komersial pertama yang sukses merancang helm sepeda untuk tujuan komersial adalah Biker Bell, shell plastik berlapis keras dirilis pada tahun 1975.

Pada saat itu tidak ada standar yang sesuai; satu-satunya yang berlaku, dari Snell. Seiring waktu desain disempurnakan dan pada tahun 1983 Bell sedang membuat V1-Pro, helm plastik pertama dimaksudkan untuk balap digunakan. Pada tahun 1984 Bell menghasilkan Li’l Bell Shell. kala itu Desain Helm awal ini memiliki sedikit ventilasi.

Pada tahun 1985, Snell B85 diperkenalkan, banyak diadopsi standar pertama untuk helm sepeda, ini telah kemudian telah disempurnakan menjadi B90 dan B95 (lihat Standar di bawah). Pada saat ini helm hampir semua baik keras-shell-shell atau tidak (mungkin dengan penutup plastik vakum terbentuk). Ventilasi masih minim karena keterbatasan teknis terutama dari busa dan kerang digunakan.

Sekitar tahun 1990 sebuah teknik konstruksi baru ditemukan: di-cetakan microshell. Sebuah shell sangat tipis didirikan selama proses pencetakan. Hal ini dengan cepat menjadi teknologi dominan, memungkinkan untuk ventilasi yang lebih besar dan bentuk kompleks lebih dari cangkang keras.

Penggunaan hard shells menurun dengan cepat di antara populasi sepeda umum selama tahun 1990-an, hampir menghilang pada akhir dekade ini, namun tetap populer dengan pengendara BMX serta inline skater dan pemain skateboard.

Akhir 1990-an dan awal 2000-an melihat kemajuan dalam retensi dan sistem pas, menggantikan sistem lama dari berbagai ketebalan bantalan dengan menyesuaikan dengan anatomi kepala pengendara. Hal ini juga mengakibatkan bagian belakang kepala menjadi kurang ditutupi oleh helm, dengan dasar pertimbangan bahwa dampak ke daerah ini sangat jarang ditemui.

Namun hal ini kemudian membuat helm sepeda modern menjalagi digunakan untuk kegiatan lain seperti skateboard dan inline skating, di mana jatuh ke belakang relatif umum terjadi.

Perkembangan SEJARAH DESAIN HELM SEPEDA bertambah pesat setelah mulai digunakan dalam Tour de France, sisipan serat karbon sudah mulai digunakan untuk meningkatkan kekuatan dan perlindungan helm. Para Atmos Giro dan Ionos, serta Alchera Bell adalah di antara yang pertama yang menggunakan serat karbon.

Incoming search terms:

helm skateboardharga helm skateboardhelm sepeda model lamakenapa helm sepeda tidak fullkenapa lubang helm sepeda

1 Pingbacks »

    Leave a comment

    Add your comment below. You can also subscribe to these comments via RSS

    Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

    You can use these tags:

    <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

    This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar

    You might also likeclose