Cycling Reference
Tips & Trick
Health & Fitness
Ensiklopedia
Bike Part & Review
Home » Ensiklopedia

Jersey Pelangi (Rainbow Jersey) Sang Juara Dunia

Submitted by on 12 September 2012 – 09:32

Ya, disebut sebagai Rainbow Jersey (Jersey Pelangi), selain Yellow Jersey yang dikanakan oleh Jawara Le Tour (Tour De France) Pelangi Jersey juga merupakan sebuah kebanggan tertinggi di bidang balap sepeda (untuk semua disiplin: balap jalan raya, balap lintasan, cyclo-cross, bmx, dan disiplin dalam sepeda gunung) versi UCI – Union Cycliste Internationale.

jersey pelangi rainbow jersey sang juara dunia

Sesuai dengan namanya Rainbow Jersey (Jersey Pelangi) yang khas dari jersey sang juara olahraga bersepeda ini adalah dominasi lima pita/garis horisontal dengan warna biru, merah, hitam, kuning dan hijau di sekitar dada.

Seorang Juara dunia yang berhak mengenakan Rainbow Jersey harus mengenakan jersey tersebut ketika bersaing dalam sama disiplin balap sepeda yang sama dimana dia memperoleh gelar juara dunia versi UCI. Hal ini berlaku selama satu tahun penuh.

Contohnya, juara dunia balap jalan raya akan memakai jersey pelangi selama mengikuti kejuaraan untuk even dengan disiplin bersepeda yang sama (kecuali untuk tahap time trial). Demikian pula, untuk juara dunja balap lintasan/trek, mereka akan mengenakan jersey pelangi tersebut selama mengikuti even dengan cabang balap sepeda serupa.

Pun untuk kategori tim, misal untuk team pursuit, masing-masing anggota tim wajib mengenakan Rainbow Jersey.

Jersey Pelangi ini membantu membuat sang juara dunia lebih mudah untuk mendapat tempat di ‘mata’  penonton, tapi hal ini juga memiliki efek pemegang juara dunia lebih terlihat oleh pesaing lainnya, terutama di dalam even road racing.

Ini bisa menjadi suatu kerugian, misalnya membuat sang juara dunia lebih sulit untuk meluncurkan serangan. Lawan juga akan dengan cepat mencari atau mengambil keuntungan jika mereka mengetahui pemilik jersey pelangi mengalami kecelakaan atau menderita mekanis lainnya.

Selain itu ruang untuk penempatan logo sponsor pada jersey sang atlet juara juga berkuarang. Khusus untuk hal ini, dengan kemajuan teknologi peliputan yang ada saat ini, ukuran logo sponsor yang kecil pada jersey pembalap bukan lagi sebuah masalah.

Patut diketahui bahwa kealpaan mengenakan jersey pelangi bagi pemegang gelar juara dunia versi UCI akan dikenakan denda sebesar 2500 s.d. 5000 Swiss Francs.

Setelah satu tahun penuh, dan memasuki musim balap/kompetisi berikutnya, title ‘pemilik’ Jersey Pelangi ini akan diperebutkan kembali, dan Atlet yang pemegang juara dunia versi UCI sebelumnya berhak mengenakan stripping dengan warna pelangi ‘khas’ UCI tersebut di Jersey yang akan ia kenakan selanjutnya, sebagai ‘pengingat’ bahwa ia merupakan atlet sepeda yang pernah meraih gelar Juara Dunia versi UCI selama kariernya.

Leave a comment

Add your comment below. You can also subscribe to these comments via RSS

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar

You might also likeclose