Cycling Reference
Tips & Trick
Health & Fitness
Ensiklopedia
Bike Part & Review
Home » Ensiklopedia

Bersepeda Down Hill dan Sejarahnya

Submitted by on 2 March 2012 – 03:55

Bersepeda menuruni bukit, kita lebih mengenalnya dengan Down Hill (DH), sebuah cabang olah raga bersepeda khusus mountain biking time trial dengan memanfaatkan gaya gravitasi untuk membukukan waktu tercepat, dengan kontur trek berupa turunan-turuan terjal yang sesekali diselingi dengan drop-off cukup tinggi.

Bersepeda Down Hill dan Sejarahnya

Penyelenggaraan Race Time Trial Down Hill secara resmi pertama kali diselenggarakan pada 22 Oktober 1976, mengambil lokasi race di Fireroad, Fairfax, California yang sekarang dikenal dengan nama Repack Road.

Pada waktu itu, sepuluh pesepeda menuruni ketinggian Repack, dengan jarak 1300 feet dalam waktu 5 menit. Sepeda yang pertama kali digunakan dalam aktivitas Down Hill ini dikenal dengan sebutan “Klunkers” atau “Paperboy Bikes”.

Olahraga bersepeda ini terus berkembang, berkat kontribusi Ignatz Schwinn, yang kemudian pada tahun 1979, Charlie Kelly dan Gary Fisher mendirikan sebuah perusahaan dan menamakan aktivitas bersepeda menuruni bukit ini dengan MountainBikes. Dan olahraga bersepeda gunung ini pun berkembang pesat pada tahun 80an.

Hingga kemudian, para pesepeda pro dari berbagai disiplin cabang olahraga bersepeda mulai tertarik dan fokus pada Down Hill. Khususnya, banyak pembalap BMX, termasuk para juara seperti John Tomac (Tim Tomac Bikes) dan Brian Lopes. Pengaruh mereka nampak pada peningkatan tingkat kesulitan trek seperti hadirnya ‘jumping stage’ dan drop off pada Bersepeda Down Hill.

Seiring bertambahnya umur cabang bersepeda Down Hill ini, lahirlah kejuaraan Down Hill dunia, dengan label “UCI Mountain Bike Championship”, yang diselenggarakan untuk pertama kalinya pada tahun 1990 di Durango, Colorado.

Leave a comment