Cycling Reference
Tips & Trick
Health & Fitness
Ensiklopedia
Bike Part & Review
Home » Cycling Reference

BIANCHI DAN SEJARAH SEPEDA TUA ITALI

Submitted by on 7 August 2011 – 05:36

Jika bicara soal produsen sepeda Bianchi maka tak akan lepas dari Itali, karana kenyataannya memang Sejarah Bianchi juga merupakan bagian penting dari sejarah Italia. Oleh sebab itu cocoklah kiranya posting kali ini kami angkat tema dan judul BIANCHI DAN SEJARAH SEPEDA TUA ITALI.

Sebelum Perang Dunia I dimulai, Bianchi sebagai sebuah industri telah berproduksi dengan angka produksi 45.000 sepeda, 1.500 sepeda motor dan 1.000 mobil per tahun. Kala itu produsen sepeda ini diminta untuk merancang dan memproduksi kendaraan militer. Waktu itu, sepeda menjadi sarana transportasi alternatif untuk mengangkut senapan, senapan mesin, atau mortir. Mortir itu diangkut oleh tiga dari sepeda, masing-masing dengan melengkapi alat kelengkapan untuk mengangkut berbagai bagian.

Desain awal sepeda militer ala Bianchi kala itu telah menampilkan penggunaan suspensi belakang dan fork pada bagian depan, juga telah menggunakan desain sepeda lipat. Hal ini mungkin menjadi desain sepeda yang paling ‘eksotis’ yang pertama ada untuk sebuah desain sepeda. Dalam sebuah literatur dikatakan bahwa Italia merupakan pengadopsi awal sepeda militer. Korps elit Italia yang menggunakannya. Jika sebelumnya telah dikenal pasukan invanteri berkuda, maka melalui tangan Bianchi lah tercipta pasukan invanteri bersepeda, disebut ‘Bersaglieri’.

sepeda onthel tua italia

Desain Pertama Sepeda Lipat Militer oleh Bianchi

sepeda onthel tua italia

Penggunaan Sepeda oleh Pasukan Invanteri Italia (Bersaglieri)

Memang, penggunaan sepeda oleh militer itali ini bukanlah yang pertama, sebelumnya mereka telah menggunakan sepeda sipil, sampai akhirnya antara tahun 1910 – 1911 Pemerintah Italia menawarkan proyek desain sepeda militer kepada empat produsen sepeda, dan keluarlah nama Bianchi sebagai produsen sepeda terpilih untuk mengerjakan proyek sepeda militer tersebut.

Model sepeda militer peratama Bianchi dinamai model ‘1912’ dan diproduksi pada tahun 1913. Referensi yang kami baca menyebutkan bahwa ‘kereta angin’ ini dapat dianggap sebagai nenek moyang sepeda gunung moderen. Desain sepeda yang menampilkan frame lipat dengan berat 14kg. Ia dirancang dengan frame bersuspensi.

Karena keeratan hubungan BIANCHI DAN SEJARAH SEPEDA TUA ITALI inilah, tidak mengherankan jika akhirnya sampai detik ini Bianchi menjadi produsens sepeda legendaris sekaligus disegani oleh para rivalnya.

Referensi dan sumber gambar: http://bsamuseum.wordpress.com

Incoming search terms:

sepeda bianchisepeda tuasepeda onthel tertuasepeda mtb bianchiharga sepeda bianchisepeda gunung bianchiontel TERTUAonthel tuajual sepeda bianchisejarah sepeda lipat

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> 

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

You might also likeclose