Cycling Reference
Tips & Trick
Health & Fitness
Ensiklopedia
Bike Part & Review
Home » Biografi

BIOGRAFI SINGKAT LANCE AMSTRONG

Submitted by on 22 November 2011 – 15:01

BIOGRAFI SINGKAT LANCE AMSTRONG – Siapa tak kenal pria satu ini? Jika Anda ‘nyasar’ ke ThingsBike.com, setidaknya Anda pernah mendengar nama besar Lance Amstrong. Benar sekali! Lance Amstrong adalah atlet hebat balap sepeda dunia, khususnya ‘nomor’ road race.

biografi singkat lance amstrong

Lance Amstrong mencatatkan dirinya sebagai pemegang rekor dunia sebagai juara Tour de France sebanyak 7 kali sejak 1996. Terakhir, ia meraihnya di bulan juli 2005 lalu. Sementara Anda semua pasti tahu bahwa Tour de France itu adalah balapan sepeda paling bergengsi yang diselenggarakan tiap tahun di prancis.

Disebut bergengsi karena memiliki tantangan dan hadiah yang sangat besar. Setiap kali di gelar, jarak tempuh Tour de France berkisar antara 1500 hingga 2000 Km. Karena prestasinya itu, Amstrong menjadi daya tarik tersendiri bagi balapan ‘keliling’ prancis tersebut. Tak hanya di Tour de France, Lance Amstrong tak kalah hebatnya di kejuaraan balap sepeda bergengsi lainnya.

Texas, Amerika Serikat menjadi kota kelahiran Lance Amstrong, 18 september 1971 silam. Ia dibesarkan oleh ibunya, Linda, sebagai single parent. Meski tak mengenal ayahnya, Amstrong kecil tidak mengalami masalah. Ia tumbuh seperti anak-anak pada umumnya. Selalu ceria, gembira, dan asyik bermain.

Secara perlahan,Linda memperkenalkan Lance Amstrong kecil pada dunia olah raga. Pada usia 13 tahun, Amstrong sudah diikutsertakan pada kejuaraan Triathlon anak-anak disekitar tempat tinggalnya. Amstrong harus mengikuti lomba lari, renang, dan bersepeda sekaligus.

Menginjak usia remaja, Lance Amstrong menjadi siswa sebuah sekolah yang cukup jauh dari rumahnya. Oleh karena kondisi inilah, setiap hari Lance remaja mesti mengayuh sepeda dari rumah ke sekolah, begitu juga sebaliknya.

Jalanan yang dilalui Amstrong merupakan bukti-bukti kecil. Secara tidak sengaja, Amstrong kemudian terbiasa menempuh jarak jauh dan menanjak dengan sepedanya. Dengan kata lain, kebiasaanya tersebut merupakan latihan tidak langsung sebagai modal ‘awal’ menjadi atlet balap sepeda di kemudian hari. Amstrong benar-benar orang yang dekat dengan sepeda sejak kecil.

Pada musim panas tahun 1989, Lance Amstrong mengikuti kejuaraan balap sepeda dunia tingkat junior di Moscow. Ternyata, Amstrong remaja mampu menunjukan kepiawaiannya mengendarai sepeda dengan hebat. Tak tanggung-tanggung ia menyabet juara pertama.

Tahun 1991, Lance Amstrong kembali menjadi juara U.S National Amateur Champion”. Sebagai bentuk pengakuan atas kemampuannya, Lance Amstrong juga menjadi salah satu atlet Amerika yang mengikuti Olimpiade Barcelona pada tahun 1992. Bahkan sampai kini, Amstrong menjadi andalan utama negeri Paman Sam tersebut dalam perolehan mendali di arena balap sepeda.

Di tahun 1996-1997, Amstrong menempati ranking teratas sebagai pembalap papan atas dunia.

Pada tahun 2005, merupakan tahun terakhir Amstrong terjun di dunia balapan sepeda iniprofesional. Setelah berhasil merebut gelar ke-7 Tour de France ia mengundurkan diri. Lance Amstrong pensiun dari olah raga yang membesarkan namanya itu.

Pengaruh Lance Amstrong sudah sangat besar. Masyarakat yang tinggal di daerah texas dan Austin menggunakan nama Amstrong di beberapa jalan. Bukankah ini merupakan suatu pengakuan besar terhadap prestasi pria hebat tersebut.

Tahun 1996, Amstrong medapatkan kabar yang mengjutkan. Pria yang menjadi teman Sherly Crow ini dinyatakan mengidap penyakit kanker. Tentu saja kabar ini membuat Lance Amstrong sedih. Untung saja, ia segera bangkit. Bahkan, sejak saat itulah prestasi demi prestasi dalam balapan sepeda makin banyak ia raih.

Mungkin ia selalu berpikir optimis dan ingin membuktikan pada dunia, bahwa menderita kanker bukanlah akhir dari segalanya.Singkatnya, kanker bukan masalah bagi orang yang ingin berprestasi. Sampai saat ini ia masih bergelut mengobatinya. Bahkan ia ikut menjadi tenaga kampanye di beberapa lembaga kesehatan untuk menyadarkan masyarakat tentang upaya pencegahan dan pengobatan kanker. Ia pun menjadi pioner lahirnya Lance Amstrong Fundation, sebuah lembaga nirlama yang bergerak di bidang sosial membantu para pengidap kanker di dunia.

Incoming search terms:

lance armstrong biografibiografi lance armstrongbiografi lance amstrongprofil lance armstrongsepedah merk trek yoshimotoprestasi lein amstrongmenjadi Atlet pesepedaKisah pendek Lance Armstrongjenis speda lance amstrongbiografi singkat orang berprestasi

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> 

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

You might also likeclose