Cycling Reference
Tips & Trick
Health & Fitness
Ensiklopedia
Bike Part & Review
Home » Bike Part & Review

SEPEDA POS, ONTHEL TUA YANG TAK KALAH EKSOTIK

Submitted by on 7 August 2011 – 06:34

Sepeda Pos – ya kapan kira-kira Sobat cyclist terakhir kali melihat Pak Pos bersepeda? atau jangan-jangan sebagian Sobat justru tidak berkesempatan menjadi ‘saksi’ layanan pos bersepeda tersebut. Karena memang kini mungkin sebagian besar Pak Pos kita telang mengendarai sepeda bermotor sebagai tunggangannya. Meski demikian, ketahuilah bahwa SEPEDA POS termasuk bagian ONTHEL TUA YANG TAK KALAH EKSOTIS dibanding kereta angin lainnya.

Saya pun termasuk ‘generasi’ yang agak terlambat menyaksikan eksotisme itu sebenarnya. Ketika jaman saya ‘Sekolah Dasar’ dulu, tukang-tukang pos yang keliling bersepeda telah menggunakan varian sepeda generasi ke sekian, yang sudah tiada beda dengan onthel-onthel tua kebanyakan. Sementara, sepeda pos yang memang dirancang khusus untuk tujuan menghantar kiriman-kiriman ke tempat tujuannya sebenarnya memiliki desain khusus, sebagai berikut.

sepeda onthel tua pos

Sepeda pos ini memiliki ciri khas yang hampir sama untuk jenisnya di beberapa negara, yakni ban depan ukuran 20 inchi dan ban belakang ukuran 26 inchi. Ssepeda tipe ini menjadi sepeda dinas resmi kantor pos di negara-negara Eropa dan termasuk Indonesia.

Sepeda pos yang digunakan Kantor Pos Indonesia tahun 1950-an adalah bermerek Falter buatan Jerman Barat. Karakteristik pokok untuk sepeda pos Falter adalah menggunakan hub belakang torpedo sachs, gir bintang dengan ukuran rantai lebar 0,5 cm, rem depan model stempel melalui baut setang.

Karena keunikannya tersebut sepeda pos termasuk varian yang menarik perhatian kolektor onthel tua, selain populasi yang relatif terbatas di Indonesia yakni di bawah 100 unit, juga sepeda ini terlihat sangat unik.

Berikut foto-foto sepeda pos lain yang sempat kami himpun.

sepeda onthel tua possepeda onthel tua pos

Incoming search terms:

sepeda possepeda onthelonthelonthel tertuasepeda ontelsepeda ontel tertuasepeda onthel kunosepeda ontel tuasepeda pos falterSepeda Onthel Tua

No Comment »

1 Pingbacks »

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> 

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

You might also likeclose