Cycling Reference
Tips & Trick
Health & Fitness
Ensiklopedia
Bike Part & Review
Home » Bike Part & Review

Rekomendasi Ukuran Ban Sepeda Gunung Ideal

Submitted by on 13 April 2011 – 01:22

ban-roda-sepedaPengalaman pertama kali kami ketika merakit sepeda, dan sebagian besar rekan yang kami kenal, ketika menetapkan UKURAN BAN SEPEDA, semuanya seolah ber’aklamasi’, “Pakai ukuran ban 2.10 inch”. Memang bukan hal yang salah, tapi patut kita tahu bahwa penetapan ukuran ban sepeda idealnya menyesuaikan dengan ‘jalur’ atau jenis aktivitas bersepeda apa yang akan dominan kita tempuh.

Agar tidak dibilang “cuma sekedar ikut-ikutan temen”, mari kita ulas sedikit tentang penetapan ukuran ban sepeda ini, namun mohon maaf sebelumnya karena kesempatan kali ini bahasannya sementara dibahasi untuk REKOMENDASI UKURAN BAN SEPEDA GUNUNG. Berbicara mengenai rekomendasi ukuran ban sepeda, langkah paling awam adalah dengan mengikuti rekomendasi ukuran standar ban dari pabrikannya. Bagaimana kita tahu rekomendasi pabrikan, sementara merk yang beredar cukup banyak. Nah… melalui posting ini kami coba bantu Sobat cyclist agar lebih mudah lagi 🙂

Ups, namun sebelumnya patut kita ketahui terlebih dahulu bahwa penetapan lebar ban sepeda yang tepat mengikuti jenis medan dan jenis sepeda yang digunakan. Tipe ban sepeda gunung rata rata dibagi dalam 3 kategori umum, yaitu CrossCountry, All Mountain dan Downhill.

Tabulasi Daftar Merk Ban Sepeda dan Rekomendasi Ukuran Berdasar Penggunaan

Jenis Penggunaan WTB
(dalam Inch)
Panacer
(dalam Inch)
Maxxis
(dalam Inch)
Michelin
(dalam Inch)
Cross Contry 2.10 inch 1.75 – 2.10 1.75 – 2.10 1.75 – 2.10
All Mountain 2.10 – 2.50 2.10 – 2.35 1.95 – 2.40 1.95 – 2.40
Downhill 2.30 – 2.5 2.30 – 2.5 2.35 – 2.70 2.35 – 2.70

Dengan tabulasi tersebut kita dapat dengan mudah kita ‘tarik’ Simpulan:

  • ban sepeda crosscountry memiliki ukuran standar mulai dari 1.75 sampai 2.10 inch.
  • Sedangkan ban sepeda gunung jenis All Mountain / AM memerlukan ukuran lebih lebar. Secara rata rata memiliki ukuran 2.10 inch atau lebih. Mengingat medan dari All Mountain lebih keras dan bervariasi, maka ukuran ban yang dibuat umumnya lebih lebar dari tipe ban CrossCountry.
  • sementara ukuran ban untuk medan yang lebih extreme adalah ban Downhill, umumnya dibuat dengan lebar tidak kurang dari 2.30 inch, dan ukuran terbesar mencapai 2.50 inch.

Mengapa kita seyogyanya mengikuti REKOMENDASI UKURAN BAN SEPEDA GUNUNG dari rata-rata pabrikan ini, karena setidaknya ketika mereka memproduksi setiap ukuran ban dan jenis penggunaannya, mereka (pabrikan) telah melakukan test/uji simulasi penggunaan produk mereka pada medan riil, serta mereka telah lebih dahulu mengetahui apa efek baik dan buruk penggunaan masing-masing ukuran ban direlasikan dengan masing-masing jenis medan, bukankah betul demikian kiranya Sob? 🙂

Leave a comment