Cycling Reference
Tips & Trick
Health & Fitness
Ensiklopedia
Bike Part & Review
Home » Bike Part & Review

Manfaat dan Efek Negatif Penggunaan Bar Ends

Submitted by on 13 April 2011 – 05:57

bar-end-hadlebar-sepeda“Naik sepeda apa naik kebo?” begitulah celetuk ‘komentator’ ketika melihat cyclist mengendarai unit sepeda tambahan BAR ENDS pada  HANDLE BAR atau setang/kemudinya. Ya, bar ends yang dicipta pada generasi-generasi awal memiliki desain yang besar/panjang, sehingga bentuknya mirip tanduk, jadi tak salah juga ‘komentator’ tadi menganalogikakan dengan kerbau 🙂 Namun tahukah sobat cyclist bahwa penggunaan BAR ENDS ini memiliki beberapa tujuan/fungsi?

Pada umumnya Bar ends dipasang di MTB Hardtrail dan Hybrid. Para rider menggunakan Bar ends bertujuan  memberikan variasi jenis peganggan ketika berkendara dan dapat mengatur posisi tubuh ketika bersepeda. Bar ends dapat juga meningkatkan kenyamanan bagi pengendara karena posisi tangan yang netral (telapak tangan ke dalam). Posisi tangan yang nyaman memberikan efek lebih pada ketegangan otot tangan ketika riding.

Bar ends mulai populer di awal 1990-an, mulai ditinggalkan ketika akhir tahun 1990-an. Dalam beberapa kasus, Bar ends menyulitkan rider ketika melintas medan yang berkelok, penggunaan bar ends yang terlampau panjang juga dapat mengganggu kenyamanan ketika melintas dimedan cross country yang banyak pepohonan.

Jika kami rangkumkan, berikut MANFAAT PENGGUNAAN BAR ENDS:

  • Memberikan kenyamanan bersepeda ketika menemui trek tanjakan
  • Memungkinan tubuh untuk bernafas lebih nyaman, karena bagian atas tubuh terbuka
  • Beberapa model Bar ends dapat melindungi tangan anda ketika jatuh (posisi tangan normal)
  • Membantu mencegah kelelahan (fatigue) dengan menawarkan lebih banyak variasi posisi tangan
  • Sedikit banyak membantu menambah kecepatan, karena posisi cyclist menjadi lebih menunduk.

Selain memberikan beberapa manfaat, penggunaan bar ends dalam kondisi-kondisi tertentu ternyata juga disinyalir memilik kekurangan, seperti ketika melakukan pengereman mendadak, karena cyclist harus memidah posisi tangan sehingga sepeda tidak berhenti seketika. selengkapnya kami rangkumkan poin KEKURANGAN PENGGUNAAN BAR ENDS sebagai berikut:

  • Jika menggunakan Flatbar berbahan Carbon, resiko setang kemudi patah sangat besar
  • Bar ends yang banyak beredar memakan kurang lebih 1Inch handlebar, jika anda rider yang memiliki bahu yang lebar tentunya penggunaan bar ends sedikit mengganggu kenyamanan
  • Peningkatan resiko cidera ketika crash, posisi tangan pada bar ends.

Sebuah tool/alat dicipta pasti memiliki tujuan manfaat yang hendak dicapai, meski demikian tetap saja terkadang ada efek negatif yang ditinggalkannya, seperti MANFAAT DAN EFEK NEGATIF BAR ENDS pada sepeda Sobat cyclist, so manfaatkanlah bar ends pada sepeda Sobat secara bijak 🙂

Leave a comment