Cycling Reference
Tips & Trick
Health & Fitness
Ensiklopedia
Bike Part & Review
Home » Bike News

Trek Sepeda MTB Gunung Batu – Cihuni – Serpong

Submitted by on 30 April 2011 – 16:52

TREK SEPEDA CIHUNI populer juga dengan sebutan TREK SEPEDA GUNUNG BATU, merupakan salah satu trek sepeda MTB yang populer di kalangan cyclist Jabodetabek khususnya. Popularitasnya bisa disejajarkan dengan TREK SEPEDA JALUR PIPA GAS (JPG). Meski berlokasi di Desa Cijantra, Kabupaten Tangerang, namun nama Cihuni tetap lekat menyemat pada jalur bersepeda ini.

Konon, di Kawasan Cihuni, Cijantra ini dulu terdapat 3 Jalur bersepeda yang sering disebut oleh cyclist sebagai Hill Park 1, 2 dan 3. Namun saat ini tinggal 1 trek yang efektif bisa digunakan oleh para pesepeda gunung untuk menyalurkan hobinya, yaitu tinggal Hill Park 1. Dua jalur lainnya, hampir seluruh wilayahnya terenggut oleh ‘tangan-tangan’ baja buldoser dan excavator developer yang memang memiliki kuasa hak atas pengembangan wilayah tersebut.

Trek Cihuni Hill Park 1 sendiri terletak di sebuah bukit di desa Cijantra. Penduduk sekitar menyebut bukit tersebut dengan Gunung Batu. Trek sepeda ini memiliki jarak tempuh kurang lebih tiga kilometer. Meski termasuk trek pendek namun obstacle yang ‘disuguhkan’ tak kalah menantang dibanding trek-trek sepeda ekstreem lainnya. Di sini, para cyclist ditantang untuk menaklukan tanjakan dan turunan yang berliku, bersambung dengan sedikit jalur landai.

Dari awal memasuki trek, cyclist langsung disodorkan pada tanjakan pendek namun memiliki elevasi yang tidak bisa dianggap remeh. Memasuki seperempat lap trek terdapat jalur mini roller coaster yang meskipun tidak se-ekstreem di Jalur sepeda JPG tapi tetap menantang dan membutuhkan teknik handling yang benar untuk melaluinya. Selanjutnya tanjakan turunan curam dan tanjakan tajam yang diantaranya berup trek menikung, kontur ini akan Sobat temui silih berganti sepanjang perjalanan tracking. Sampai dengan akhir perjalanan tracking pun finish Sobat cyclist ditutup dengan sebuah tanjakan tajam nan ‘ngehek’, fiuuh….cukup menguras tenaga!

Secara umum, kondisi TREK SEPEDA CIHUNI atau TREK SEPEDA GUNUNG BATU ini sangat terawat. Di sepanjang perjalanan, cyclist akan dipandu secara ‘otomatis’ oleh rambu-rambu penunjuk arah. Sehingga kemungkinan tersesat di dalam trek sangat kecil. Sementara untuk sarana tempat makan dan minum tersedia beberapa warung di tempat masuk dan keluar trek dengan menu khas lokal nasi uduk, teh jahe hangat. Fasilitas parkir sepeda juga cukup luas.

Bagi anda para goweser yang belum pernah mencoba TREK SEPEDA CIHUNI atau TREK SEPEDA GUNUNG BATU ini, wajib mencoba trek dengan tingkat kesulitan medium ini, mumpung belum digusur brur!

Incoming search terms:

sepeda gunung termahaltrek sepedaharga sepeda trekcihuni bike parkjalur sepeda mtbtrek sepeda cihunicat sepeda yang bagussepeda mtb trekfoto atlet cihuni hiil parkcihuni hill park

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> 

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

You might also likeclose