Cycling Reference
Tips & Trick
Health & Fitness
Ensiklopedia
Bike Part & Review
Home » Bike News

TREK SEPEDA HUTAN UI (UNIVERSITAS INDONESIA)

Submitted by on 5 August 2011 – 23:57

31 Juli 2011, Minggu, sehari sebelum memasuki Ramadhan 1432 Hijriyah, gowes bareng menyusuri TREK SEPEDA HUTAN UI (UNIVERSITAS) INDONESIA) yang telah lama kami rencanakan pun akhirnya kesampaian. Rombongan gowes berangkat dengan kondisi bertiga kala itu, meski sebelumnya rencana ini telah kami sounding ke beberapa rekan lain. Namun, apalah daya, pas hari ‘H’ lebaran pemberangkatan, beberapa rekan gak enak badan, mandinya lama, ada kondangan dan berhalangan lainnya.

Tergolong nekat juga sih, kenapa? karena TREKING BERSEPEDA  ke HUTAN UI  kali ini kami jalani full gowes dari rumah, dengan start resmi mpok café JALUR PIPA GAS sampai tujuan, dengan total jarak tempuh PP 100km+ (Hitungan Garmin GPS Map 60csx). Bekal utama kami kala itu, file GPS ROUTE JPG – TREK SEPEDA HUTAN UI yang sempat kami download dari everytrail, yang kemudian menjadi pemandu kami melalui Handheld GPS yang terpasang pada handlebar UNITED DOMINATE 012, sepeda seorang rekan.

Perjalanan menuju trek utama (Hutan UI) memang tidak seperti aktivitas tracking sebelumnya, dimana kali ini kami mesti melalui dominasi jalur on-road (aspal jalan raya dan paving block komplek perumahan). Serpong, Sarua-Ciputat, Pamulang, memasuki perbatasan Tangerang – Depok, tepatnya antara wilayah Ciputat Timur dengan Cinere, jalan begitu rusak, sebagian berupa turunan dan tanjakan yang cukup tajam dan panjang. Hal ini cukup menguras tenaga kami tentu. Meski demikian, semangat curious kami akan tujuan utama tracking kali ini membuat rasa lelah tersebut kurang berarti.

Sempat berhenti sejenak di sebuah warung Nasi Uduk, di Jalan Cinere Raya, untuk sekedar minum teh anget ‘didampingi’ camilan berupa tempe, tahu goreng, tawaran saya untuk sekalian sarapan NasDuk pun ditolak halus oleh rekan lain, takut nggak kuat nanjak katanya. Kami pun melanjutkan perjalanan.

Start gowes pukul 6.30 dari meeting point, singkat cerita, pukul 9+ kami pun akhirnya tiba di kawasan kampus UI. Nampaknya, tiap akhir pekan kawasan ini ramai akan goweser weekend warrior. Kami pun rolling di TREK SEPEDA UI yang selebar sekitar 2 -3 meter. Trek ini adalah trek dari batako/semen yang ada di sebelah jalan raya lingkungan kampus UI. Karena menjorok ke dalam pepohonan/hutan, kadang juga memakai trotoar, trek ini terasa adem. Trek ini memang dibuat untuk commuting di dalam kampus rupanya.

Sekitar 8 menit gowes di area commuting kampus UI, kamipun tiba di tempat start dan finish TREK HUTAN UI. Dari kejauhan tampak banyak pesepeda yang sedang mangkal di pinggir hutan, rupanya di sinilah trek mini pumping ala pesepeda UI. Tak menunggu lama, kami pun langsung masuk area trek off-road.

Dengan kondisi jalur single track, tanah basah, vegetasi khas hutan tropis, ketika memasuki trek sepeda ini aktivitas gowes pun menjadi fresh. Meski drop off, up hill dan rintangan technical lain tidak banyak kami temui di sini (jika dibanding trek gunung sindur misalnya), namun kesan mendalam tetap kami dapati pada TREK OFF-ROAD SEPEDA HUTAN UI  ini.

Sensasi tegang sekaligus memompa adrenalin kami rasakan terutama saat melintas single track yang lokasinya berada di sepanjang ‘bibir’ danau UI, sebagian jalur bahkan benar-benar berada di ‘bibir’ danau, dan tanpa spasi. Mengkhawatirkan, tapi syukurlan tidak ada rekan yang bablas ‘nyemplung’, hehehe… Selengkapnya, simak deskripsi tracking kami melalui skrin syut berikut.

 

trek jalur bersepeda kawasan hutan ui

Single track ini mengelilingi Danau UI

Di Sini mesti Titi Om, kayu titiannya sudah lapuk

Transisi dari single track bibir Danau ke Trek Full ‘Hutan Tropis’

Sorry Agak Gelap, Kanopi Vegetasinya ‘rapet’ banget Sob

 

Dan…Makan Siang Bareng….dg Menu NasDuk yang kami bungkus sebelumnya 🙂

Setelah Acara Makan siang bareng di atas, tak lama kemudian rombongan melanjutkan perjalanan. Tantangan terberat kami terjadi ketika perjalanan pulang, karena matahari begitu terik kala itu, so Hot…bolak-balik kami berhenti untuk sekedar melepas dahaga, memastikan diri agar tidak dehidrasi gitu.. Alhamdulillah, sampai juga tiba di rumah dengan kondisi Sehat wal Afiat, kurang lebih pukul 2 tengah hari. Hmm, perjalanan TREKING JPG – HUTAN UI yang penuh memori..Happy cycling! Dan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan ya Sob..

Incoming search terms:

kaos sepeda gunungtrek sepeda uitrek hutan uijalur sepeda uitrek sepeda hutan UIanimasi sepeda mtbjalur sepeda Hutan UIhutan UIsepeda trek indonesiajalur sepeda depok

2 Pingbacks »

    Leave a comment

    Add your comment below. You can also subscribe to these comments via RSS

    Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

    You can use these tags:

    <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

    This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar

    You might also likeclose