Cycling Reference
Tips & Trick
Health & Fitness
Ensiklopedia
Bike Part & Review
Home » Bike News

TREK SEPEDA CIDAMPIT, RUMAH HUTAN, SOP IKAN DAN SAMBAL HONJE (Bagian 1)

Submitted by on 17 October 2011 – 05:45

TREK SEPEDA CIDAMPIT, RUMAH HUTAN, SOP IKAN DAN SAMBAL HONJE – Setelah sekian lama merencanakan atau lebih tepatnya ‘berkeinginan’ gowes menyusuri single track dengan backdrop lebatnya vegetasi tropis perbukitan Cidampit, Kabupaten Serang, akhirnya kesampaian juga, pada hari Sabtu 15 Oktober 2011 lalu.

Saya mewakili tim Rekdaksi Thingsbike bergabung dengan Rekan Cyclist dari Komunitas Gowes Melati Mas Residence dan beberapa rekan dari Villa Mutiara Serpong, dengan total jumlah rombongan goweser 15 orang. Pada kesempatan gowes kali ini kami dipandu oleh Sobat dari SERAM (Serang All Mountain) yang diantaranya ‘diawaki’ oleh Kang Wawan dan Pak Ade.

Start tracking kali ini diawali dari halaman Kantor Bupati Serang, letaknya tepat di samping alun-alun kota Serang. Di halaman kantor Bupati Serang ini, rekan-rekan dari SERAM telah menyediakan 2 truk pick up untuk keperluan loading sepeda dan yang akan membawa kami pada real starting point Kawasan Cidampit.

Jalur pembuka tracking Jalur Sepeda Cidampit yang kami lalui diawali dengan jalur aspal menurun. Jalur aspal bonus ini menghantarkan kami sekitar 10menitan sampai akhirnya kami bertemu trek makadam, jalanan kampung dengan kiri dan kanan rumah-rumah penduduk pribumi dengan diselingi tegalan. Cuaca sudah cukup terik kala itu, maklum, waktu mulai gowes memang sudah cukup siang.

Di awal perjalanan ini, hampir nampak merata pada seluruh sepeda melaju dengan kecepatan di atas rata-rata. Semangat dan kondisi trek menurun sangat mendukung hal tersebut. Sampailah tiba saat kami mengurangi kecepatan secara drastis, ditandai sebuah kelokan. Ya, kelokan yang menandai gradasi trek memasuki kawasan hutan karet, dengan kondisi jalan kombinasi makadam dan tanah humus. Kecepatan kami pun langsung menurun drastis, sebab tanjakan landai memanjang.

Tutupan kanopi rimbun daun karet memayungi pedalling kami. Meski terus dan terus menanjak, adem dan sepoi hijau backdrop vegetasi alam Cidampit ini cukup rasanya menjadi penyeimbang lelah kami. Memang tidak sepenuhnya tanjakan, sesekali ‘bonus’ turunan pun kami dapati. Meski demikian, kami tetap perlu berhati-hati karena banyak turunan yang juga disertai drop off yang tersamar rimbunnya semak hutan. Jika tidak berhati-hati yang..jungkir balik mungkin terjadi.

Tanpa disadari, perlahan, rombongan besar kami pun kemudian terpecah menjadi 2 kelompok. Rombongan paling depan ‘dikomendani’ Kang Wawan (leader sekaligus chef-nya Rumah Hutan Cidampit). Kang Wawan memang harus sampai paling dulu di rumah hutan, karena beliau merangkap chef yang menyiapkan hidangan ‘Sop Ikan’ santap siang kami.

_______________________________

Bersambung ke TREK SEPEDA CIDAMPIT, RUMAH HUTAN, SOP IKAN DAN SAMBAL HONJE (Bagian 2)

Incoming search terms:

cidampittrek sepeda cidampityhs-1rumah hutan cidampittrek cidampitserang all mountaincidampit trektrek gowes cidampittrek sepeda dunhilsepeda gunung rumah

13 Pingbacks »

    Leave a comment

    Add your comment below. You can also subscribe to these comments via RSS

    Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

    You can use these tags:

    <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

    This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar

    You might also likeclose