Cycling Reference
Tips & Trick
Health & Fitness
Ensiklopedia
Bike Part & Review
Home » Bike News

Tips Bersepeda Efektif dan Sehat

Submitted by on 3 January 2012 – 13:09

Tips Bersepeda Efektif dan Sehat – Dalam sebuah kesempatan mengisi seminar tentang ‘Bersepeda’, Puspita Mustika Adya, atlit senior Nasional  cabang olahraga bersepeda ini berbagi tipsnya. Puspita Mustika mengatakan, jika ingin mendapatkan manfaat positif bersepeda maka kita haruslah memeiliki pondasi yang kuat tentang pengetahuan bersepeda. Misal, Janganlah memaksakan diri untuk bersepeda berlama-lama. 30 menit adalah waktu yang cukup untuk bersepeda sehat, ujar Puspita Mustika Adya.

Soal durasi bersepeda, saran Puspita, agar biasakan menghitung optimal heart rate dengan menggunakan metode heart rate training (HRT). Ini semacam latihan yang berbasis pada persentase detak jantung agar latihan sepeda menjadi efektif.

Rumusnya adalah 220 dikurangi usia Anda. Jadi, misalnya, usia Anda 30 tahun, maka maksimal HRT Anda 190 beeps setiap menit. Namun, jika terbiasa latihan sepeda, beeps Anda dapat lebih dari itu, tambah Puspita.

Sebagai pembicaa pada kesempatan acara yang sama, Dr. Yongky B Kurniawan Sp.B  (traumatolog) menyatakan bersepeda itu sangat baik asalkan dipersiapkan secara matang dan disesuaikan dengan kondisi badan. Berpsepeda memiliki banyak hal positif dibanding negatif, 20:1. Salah satunya berolahraga bersepeda dapat memperbaiki kualitas hidup.

Persiapan itu meliputi riwayat kesehatan, usia, jenis sepeda sesuai tujuan dan daerah (track/lintasan), di mana kita bersepeda. Rekan bersepeda juga perlu jadi pertimbangan, apakah bersepeda dilakukan sendirian, bersama komunitas amatir atau profesional, dan sebagainya. Sesuaikan dengan minat dan paling utama, kemampuan fisik Anda. Selamat mengaplikasikan Tips Bersepeda Efektif dan Sehat ini, dan…Happy cycling!

Incoming search terms:

Waktu bersepeda yang baikwaktu yang tepat untuk bersepedajadwal bersepeda yang baikdurasi bersepeda yang baikdurasi bersepedalama bersepeda yang baikjadwal bersepeda yang sehatberapa lama bersepeda yang baikwaktu bersepedateknik agar lama durasi sepeda lama

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> 

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

You might also likeclose