Cycling Reference
Tips & Trick
Health & Fitness
Ensiklopedia
Bike Part & Review
Home » Bike News

Sepeda ‘Jengki’ Phoenix Kenangan

Submitted by on 26 March 2012 – 17:22

Sepeda ‘Jengki’ Phoenix Kenangan, judul yang agak aneh mungkin bagi sebagian Sobat gowes, apalagi bagi yang pertama ‘kenal’ sepeda langsung ketemunya sama ‘Santacruz’. Pertanyaan yang mungkin saja timbul di benak sobat, “apa pula itu sepeda jengki?”, “merk Phoenix? aneh…”.

sepeda jengki phoenix kenangan

Kalo memang dirasa aneh, itulah gunanya posting ini. Semasa kecil saya, yang kebetulan tinggal di kota kecil, Pekalongan, sepeda Jengki ‘Phoenix’ bisa dibilang jenis sepeda yang amat kesohor. Masyarakat banyak menjadikannya sebagai moda commuter ke tempat kerja, pergi ke pasar dan aktivitas harian lainnya. Termasuk saya, yang beruntung ‘mengalami’ masa itu, dibonceng Bapak naik sepeda ‘jengki’ Phoenix warna biru-nya.

Apa istimewanya sih Sepeda Phoenix ini? Bapak bilang bahwa Sepeda ini memiliki harga jual kembali yang tinggi, sepedanya bandel, sampai-sampai ‘maling’ pun turut mem-favoritkan sepeda ini untuk dicuri. Pantas saja, dulu, Bapak begitu berhati-hati merawat sepeda jengki ‘phoenix’ birunya, yang selalu nampak meling-meling (blink-blink).

sepeda jengki phoenix kenangan

Dibalik pengalaman pribadi saya dengan sepeda jengki ‘phoenix’ tersebut, sebenarnya siapa sih si ‘Phoenix’ ini? Ia merupakan sepeda buatan negeri tirai bambu ‘China’. Populasi sepeda ini masih banyak di Jumpai di jalan-jalan kota/daerah di Indonesia dan masih dijual di toko-toko sepeda dalam keadaan baru. Pabrik Phoenix berpusat di kota Shanghai, China, yang awal sejarahnya dari Shanghai Bicycle the Third Factory yg didirikan pada Mei 1958.

Phoenix sendiri artinya adalah Raja Burung dalam cerita legenda yang merupakan simbol dari keanggunan, kebahagiaan dan keberuntungan. Pabrik Phoenix bisa menghasilkan sepeda yang juga digemari oleh negara-negara lain berkat inovasi, kualitas dan pelayanan purna jualnya.

Di Indonesia sendiri sepeda Phoenix banyak dipakai oleh kalangan masyarakat umum terutama di daerah pedesaan dan kota-kota kecil lainnya, sedangkan untuk di daerah perkotaan lebih sering dipakai oleh para pedagang dan tukang ojek sepeda. Dalam perkembangannnya Phoenix juga membuat sepeda dengan model-model baru bukan hanya jenis sepeda angkut saja.

Incoming search terms:

sepeda jengkisepeda jengki phoenixharga sepeda jengkiharga sepeda phoenixHARGA SEPEDA LIPAT PHOENIXharga sepeda phoenix baruharga sepeda jengki phoenixsepeda phoenix hargasejarah sepeda phoenixsepeda phoenix baru

No Comment »

2 Pingbacks »

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> 

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

You might also likeclose