Cycling Reference
Tips & Trick
Health & Fitness
Ensiklopedia
Bike Part & Review
Home » Bike News

Manfaat Kopi Bagi Pesepeda

Submitted by on 9 May 2012 – 06:00
manfaat-kopi-bagi-pesepeda

Manfaat Kopi Bagi Pesepeda? tidak salah bahas nih? padahal waktu lalu kami sempat menyatakan untuk menghindari kopi saat bersepeda. Ya benar, pada posting “Tips Menghindari Dehidrasi Saat Bersepeda” kami nyatakan untuk menghindari kopi, namun dalam konteks menghindari mengkonsumsi kopi sebagai minuman pengganti cairan tubuh, dalam bahasa mudahnya hindari konsumsi kopi saat Sobat merasa haus apalagi dehidrasi kala bersepeda. Di luar konteks tersebut ternyata Kopi memiliki manfaat bagi pesepeda, berikut ulasannya.

Dalam sebuah journal Cycling Fitness dilansir bahwa Kopi memiliki manfaat besar bagi performa bersepeda. Sejumlah penelitian melakukan stimulasi pada sistem pusat saraf, dengan media kafein kopi dan menunjukkan konsumsi kafein sebelum aktivitas fisik dapat membantu memerangi kelelahan dalam sebuah aktivitas fisik yang memerlukan daya tahan tubuh (endurance).

Ada juga beberapa bukti bahwa kafein dapat meningkatkan pembakaran lemak , lebih lanjut dapat otot meningkatkan daya tahan. Namun, kemudian menjadi perdebatan soal takaran ideal konsumsi kafein dalam kopi untuk mendapatkan manfaat positifnya. Beberapa menganjurkan takaran 3mg per kilo berat badan, sementara yang lain ada yang menyatakan 6mg bahkan 9mg.

Masalah terbesar yang yang mungkin muncul sebagai akibat dari konsumsi kaffein dalam kopi berlebihan jika tidak memenuhi takaran ideal diantaranya detak jantung yang tidak normal/berlebihan, insomnia, dan kecemasan.

“Grey Area” tersebut (kesenjangan antara manfaat positif dan efek samping) telah mendorong para peneliti dari Australia melakukan investigasi sebenarnya berapa takaran ideal konsumsi kopi untuk dapat kita rasakan manfaat positifnya.

60 Pesepeda diminta untuk melakukan aktivitas bersepeda time trial selama 60 menit, dengan treatment konsumsi kafein menjadi 3 kelompok: 3mg, 6mg dan tanpa konsumsi kafein. Mereka kemudian dimonitor seberapa cepat mereka menjalani tiap-tiap trial.

Hasilnya, pesepeda dengan treatment konsumsi kafein dapat melakukan trial lebih cepat dibanding yang sama sekali tidak mengkonsumsi kafein.

Meski terbukti, signifikansi terhadap peningkatan performa akibat kafein/kopi ini belum sepenuhnya diakui oleh seluruh scientist. Dalam mengkonsumsinya pun kita harus bijaksana, yang paling mudah tanyakan pada diri Anda apakah memang Anda penikmat kopi? tidak memiliki keluhan asam lambung yang tiba-tiba meningkat sesaat setelah menkonsumsi kopi? jika jawaban kedua pertanyaan tersebut “iya”, silahkan Anda buktikan Manfaat Kopi Bagi Pesepeda yang baru saja kami paparkan, Eitttss…Jangan berlebihan ya!

Incoming search terms:

khasoat kopi untuk pesepeda

Leave a comment

Add your comment below. You can also subscribe to these comments via RSS

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar

You might also likeclose