Cycling Reference
Tips & Trick
Health & Fitness
Ensiklopedia
Bike Part & Review
Home » Bike News

Kecepatan Rata-rata Pembalap Sepeda Road Bike

Submitted by on 20 February 2012 – 05:26

Kecepatan Rata-rata Pembalap Sepeda Road Bike – Mungkin ada sebagian dari Sobat yang sudah tahu soal ini, mungkin juga ada yang baru tahu, untuk itu kali ini kami coba menginformasikannya.

Berdasarkan beberapa catatan atas penyelenggaraan event balap sepeda skala nasional maupun internasional menyebutkan bahwa catatan kecepatan rata-rata pembalap road bike dalam event tersebut berada pada range 30-50 km/jam.

Kecepatan rata-rata pembalap sepeda tersebut tentu dipengaruhi oleh trek yang dilaluinya. Etape dengan jalur datar, berbukit tentu menghasilkan kecepatan rata-rata berbeda.

Dalam penyelenggaraan Tour De Pangandaran misalnya, untuk etape Bandung – Pangandaran, penyelenggara menargetkan kecepatan rata-rata pembalap pada event tersebut 35-38 km/jam. Kita tahu bahwa jalur ini didominasi perbukitan/pegunungan, dengan tanjakan-turunan curamnya.

Lain halnya dengan Tour de East Java 2011, pada etape I yang melombakan nomor kriterium dengan trek looping, jalur yang dilalui relatif datar, penyelenggara menargetkan catatan kecepatan rata-rata untuk pembalap yang mengikuti ajang tersebut dengan 48 km/jam.

Keduanya, kita ketahui dari ajang balap sepeda nasional, lalu bagaimana dengan kecepatan rata-rata pembalap sepeda internasional? dalam ajang bergengsi Tour De France misalnya. Berikut kami kutipkan dari ask.com

The winning cyclist in the 2009 Tour de France, Alberto Contador, rode 3459.5km in 85 hours, 48 minutes and 35 seconds. His average speed was 40.32 km/h. The last place finisher (called the ‘Lanterne Rouge’), Yauheni Hutarovich, rode the 34…

Jika para pembalap sepeda memiliki kecepatan rata-rata tersebut di atas, bagaimana dengan posisi Anda? Tidak terlalu penting bagi Anda yang menjalani aktivitas bersepeda sebagai leissure/wisata. Bagi yang memang berekspektasi menggeluti dunia bersepeda pro, angka-angka kecepatan rata-rata tersebut tentunya menjadi bench mark tersendiri. Leissure atau Pro? jangan khawatir Sob, dua-duanya punya efek Menyehatkan Sob. Happy Cycling!

Incoming search terms:

kecepatan maksimal sepeda balapkecepatan sepedakecepatan rata rata sepeda balapkecepatan pembalap sepedakecepatan road bikekecepatan rata-rata pembalap sepedatop speed sepeda balapkecepatan balap sepedaberapa kecepatan sepeda balapharga sepeda tour de singkarak

1 Pingbacks »

    Leave a comment

    Add your comment below. You can also subscribe to these comments via RSS

    Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

    You can use these tags:

    <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

    This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar

    You might also likeclose