Cycling Reference
Tips & Trick
Health & Fitness
Ensiklopedia
Bike Part & Review
Home » Bike News

Fenomena Fun Bike-Sepeda Santai

Submitted by on 17 June 2011 – 00:47

Hmm, dulu waktu di kampung, saya inget sekali pada masa-masa tertentu penyelenggaraan Fun Bike atau Sepeda Santai diadakan rutin hampir setiap bulan. Kala itu yang kerap menjadi event organizernya adalah Pemerintah Daerah setempat, dengan menggandeng beberapa sponsor entitas bisnis lokal.

Meski beberapa waktu kemudian, penyelenggaraan fun bike atau sepeda santai ini mengalami ‘kebosanan’ –mungkin-, masyarakat di kampung saya tersebut masih saja bersepeda, tidak mengherankan karena memang sebelum even fun bike ini menjadi tren, dalam keseharian kami juga telah bersepeda, ke sekolah, tempat kerja atau sekedar muter-muter keliling kota.

Kini, ketika saya diberi kesempatan untuk menghirup udara kota yang konon katanya disebut ‘metropolitan’, kesempatan bersepeda menjadi hal yang sangat berharga bagi saya dan mungkin juga begitu buat rekan pecinta sepeda ‘kota’ lainnya. Paling-paling, aktivitas bersepeda baru benar-benar bisa kami nikmati di akhir pekan, sabtu dan minggu.

Meski cuman seminggu sekali, aktivitas bersepeda kami justru lebih beragam, mulai dari jalur minat offroad biking semisal cross country (XC), all mountain, downhill bagi penggila turunan ekstrem, sampai free ride bagi muda-mudi penikmat tantangan. Tak cuman offroad, peminat onroad biking pun sangat banyak, bahkan jalur minat ini sangat diakomodir oleh ‘pengelola’ kota, contohnya dengan jadwal Car Free Day di tiap minggu di awal bulan.

Banyak yang menjalani aktivitas ‘week end warrior’ ini dengan durasi seharian penuh. Nampaknya, kegandrungan masyarakat kota pada satu aktivitas –bersepeda- ini tak luput dari perhatian kalangan stakeholder bisnis. Merekapun masuk melalui berbagai lini, yang berminat terjun langsung dengan dunia bisnis ‘sepeda’, bisa ditengok pada munculnya pemain-pemain baru toko-toko ‘penjaja’ cinta sepeda maupun apparelnya.

Yang melihatnya dari sudut pandang bisnis lain, memanfaatkannya sebagai sarana antara untuk mempromosikan produk utama bisnisnya, diantaranya melalui sponsorship even fun bike atau sepeda santai. Khusus fenomena yang satu ini, sangat kasat menggejala, even fun bike atau sepeda santai hampir bisa dipastikan terselenggara di akhir pekan. Bahkan dalam hari yang sama bisa berlangsung beberapa even fun bike secara berbarengan.

Apakah kesemuanya sukses? Saya berani bilang iya. Mulai dari tiket daftar funbike bernilai 15ribuan sampai 40ribuan pun laris manis. Motif peserta pun beragam, ada yang tergiur dengan doorprizenya, ada yang kepincut dengan jersey bersepedanya, atau fasilitas lain yang mungkin didapat. Apapun motif awalnya, yang pasti –mudah2an- satu ‘dampak’ yang bisa dirasakan oleh semua peserta adalah ‘sehat’.

Dari sisi penyelenggara, latar belakang tujuan mereka pun macam-macam, mulai dari memperkuat branding entitas bisnis, promosi produk baru, yang menjadikannya sebagai ajang ‘curi start’ kampanye politik pun ada lho. Dari beberapa event saya melihat ada penyelenggara yang memanfaatkan acara fun bike atau sepeda santai ini justru peluang untuk mencari keuntungan. Indikasinya apa, rajin banget ngadain fun bike, uang pendaftarannya tidak lagi bisa dibilang kecil, dengan fasilitas yang minim, serta upaya mereka untuk menggaet sponsorship bonafit. Hal seperti inipun menurut saya sah-sah saja, sepanjang ada suppy-demand, dan tidak ada pihak yang merasa dirugikan bukan?

Incoming search terms:

harga sepeda santai

1 Pingbacks »

    Leave a comment

    Add your comment below. You can also subscribe to these comments via RSS

    Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

    You can use these tags:

    <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

    This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar

    You might also likeclose