Cycling Reference
Tips & Trick
Health & Fitness
Ensiklopedia
Bike Part & Review
Home » Bike News

5 Kota di Dunia ‘Surga’ Para Pesepeda

Submitted by on 23 September 2014 – 06:38

Beberapa waktu lalu, kami kedatangan rekan yang baru menyelesaikan kuliahnya di Luar Negeri. Salah satu hal membuat kami sedikit ‘pangling’ kepada rekan ini. Semenjak pulang dari Studinya, kini ia begitu rajin menggowes sepeda, setidaknya setiap akhir pekan. Nah, singkat cerita konfirmasi saya membuahkan jawaban, bahwa bersepeda di kota tempat asal studinya di Jepang sana, ia rasakan begitu nikmat. Kemana-mana, ia mengendarai sepeda, dan ia pun mulai merasakan manfaat bersepa hingga dibawalah kebiasaan tersebut ketika pulang ke tanah air.

Kisah rekan kami tersebut, menginspirasi kami menuliskan kembali soal kota-kota di Dunia yang menjadi surganya para pesepeda. Mungkin telah banyak media yang mengulasnya, tapi tak apalah kami tulis ulang kembali melalui blog sederhana ini.

5 Kota di Dunia yang menjadi ‘Surga-nya’ Para Pesepeda

1. Copenhagen – Denmark

Di ibu kota Denmark ini, 36 persen orang bekerja atau menuju sekolah pada hari biasa dengan menggunakan alat transportasi sepeda, Hal ini dipublikasikan melalui statistik yang dilansir Pemerintah setempat. Tidaklah mengherankan jika kemudian Kota Metropolis di Denmark ini menjadi sebuah utopia yang sesungguhnya bagi para pesepeda. Di Copenhagen tersedia setidaknya 180 kilometer jalur sepeda, rambu-rambu khusus lalu lintas pengendara sepeda, dan tempat parkir yang begitu nyaman bagi sepeda parkir ketika Anda berkunjung ke pusat kota.

copenhagen-denmark-kota-pesepeda

Jika Anda berkunjung sebagai wisatawan, tenang saja, anda bisa dengan mudah mendapat sewaan sepeda dengan membayar sejumlah uang sewa dengan deposit di sejumlah stasion penyewaan sepeda yang jumlahnya lebih dari 100 stasiun penyewaan.

2. Portland – Amerika

Portland merupakan kota penerima rating teratas untuk kota-kota di Amerika Serikat, atas atensinya terhadap moda transportasi, dari League of American Bicyclists. Portland menempatkan sepeda sebagai moda transportasi yang sejajar dengan mobil. Dengan panjang jalur bersepeda yang dimilikinya tidak kurang dari 270 km, ratusan rambu-rambu peseda, rak dan kunci yang dikhususkan bagi sepeda di sudut-sudut kota. Bahkan ‘pemerintah setempat’ memberikan insentif khusus bagi pengembang/developer yang bersedia menyediakan kamar mandi dan kamar ganti khusus bagi pesepeda.

portland-amerika-kota-pesepeda
Sama seperti Copenhagen, terdapat sejumlah tempat penyewaan sepeda di Portland, termasuk persewaan sepeda untuk anak-anak bahkan tersedia juga jenis sepeda tandem untuk pasangan atau keluarga.

3. Munich – Jerman

Dalam radius tiga mil dari pusat kota Munich, Anda bisa bepergian lebih cepat dan fleksibel dengan mengendarai sepeda dibanding menggunakan sarana transportasi lainnya. Hal ini sesuai dengan predikat kota Munich sebagai salah satu ‘Surga’nya pesepeda. Dimana ratusan kilometer jalur khusus sepeda, rambu-rambu lalu lintas yang siap ‘menavigasi’ pesepeda, serta tanda-tanda rute pesepeda melengkapi infrasuktur lalu lintas kota ini.

munich-jerman-kota-pesepeda

Jika hendak menyewa sepeda di kota ini, telah terseida hotline khusus yang akan menyambungkan Anda kepada stasion penyewaan sepeda terdekat. Hmm, penasaran ya?

4. Perth – Australia

Ibu kota Australia telah dikenal lama sebagai kota dengan infrastruktur ratusan mil jalur sepeda, dan jalan-jalan yang ramah bagi pesepeda. Jalur sepeda di Perth disebut-sebut sebagai salah penyedia insfrastruktur bersepeda paling luas dan maju di dunia. Fitur lainnya yang begitu memanjakan para pesepda diantaranya penempatan parkir-parkir sepeda yang mendekati stasiun kereta api, loker sepeda di pusat kota serta rambu-rambu untuk menjaga pengendara sepeda dari kehilangan rutenya.
perth-australia-kota-pesepeda
Di kota ini tersedia berbagai penyewaan sepeda dengan berbagai jenis, seperti sepeda gunung, sepeda jalan raya (road bike) dan sepeda tandem yang disewakan per jam.
5. Amsterdam – Belanda
Seperti kota tetangganya di utara Eropa, Copenhagen, Amsterdam ternyata memiliki persentase pesepeda  yang lebih tinggi, hingga 40 persen. Dilaporkan sekitar 600.000-750.000 pesepeda melintasi sepanjang kanal di Kota ini. Dalam beberapa tahun terakhir pihak pemerintah kota setempat menerapkan kebijakan pembatasan kecepatan yang lebih rendah untuk mobil, pembangunan jalur baru dan rambu-rambu khusus pesepeda, serta pembangunan parkir bawah tanah yang dibangun untuk sepeda
.
amsterdam-belanda-kota-pesepeda
Bagaimana ‘mendapatkan’ sepeda di Kota ini? Sebuah perusahaan swasta bernama Orangebike, dengan lokasi di pusat kota Amsterdam, secara khusus menyediakan jasa persewaan sewa kapal penjelajah, termasuk sepeda, untuk anak-anak dan dewasa.

Hmm, jadi kepengen merasakan juga ya, nikmatnya bersepeda di kota-kota ini? sama! Terlepas dari 5 kota yang telah kami ulas sebenarnya masih terdapat sejumlah kota lainnya di dunia yang juga dijuluki sebagai surganya pesepeda. Nantilah kami bahas dalam posting-posting selanjutnya. Misalnya saja Kota Bogota, Tokyo, Utrich, Seville dan masih banyak lagi…jadi, jangan sampai ketinggalan ya, ikuti update kami dengan bergabung dalam fanpage bugarbooster.com

Leave a comment