Cycling Reference
Tips & Trick
Health & Fitness
Ensiklopedia
Bike Part & Review
Home » Bike Campaign

Negara Dengan ‘Penggila’ Sepeda Terbesar

Submitted by on 14 October 2011 – 01:06

Negara Dengan ‘Penggila’ Sepeda Terbesar – Kami coba repost sebuah artikel menarik dari kompetiblog2011.studidibelanda.com yang ditulis oleh Rizqif. Ya, siapa sangka kalau Belanda merupakan sebuah negara kecil di Eropa yang luas nya tidak lebih dari luas Provinsi Jawa Timur itu ternyata merupakan negara dengan jumlah pesepeda per kapita tertinggi di dunia.

budaya bersepeda budaya bersepeda

Ya, bukan China, India, Amerika, Brazin atau malah Indonesia yang notabene adalah negara-negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia. Atau pun Jepang, yang di film maupun iklan produk komersialnya sering menampilkan budaya bersepeda penduduknya, seperti pada iklan PokNori Sweet.

Di Negeri ‘Kincir Angin’ tersebut 27% dari semua perjalanan dan 25% perjalanan ketempat kerja dilakukan dengan bersepeda. Rata-rata jarak tempuh per orang dengan bersepeda per hari mencapai 2,5 km. Tentu saja hal ini membantu masyarakat disana menjaga kesehatannya.

Berbeda dengan keadaan di negara kita yang lebih banyak menggunakan kendaraan ber motor yang pastinya lebih banyak menghasilkan polusi. Kurang lebih 1,3 Juta sepeda terjual di Belanda pada tahun 2009. Dengan harga rata-rata mencapai 713 Euro. Bagaimana dengan Infrastrukturnya? Sebagai contoh, Amsterdam (Ibukota sekaligus kota terbesar di Belanda) merupakan salah satu kota didunia yang paling bersahabat dengan sepeda. Amsterdam memiliki 400 km jalur sepeda, Wow! Menarik sekali….

Paparan angka perkapita jumlah sepeda dibanding jumlah penduduk menyebutkan angka berikut: jumlah sepeda yang mencapai ~99,1% dari total penduduknya yang mencapai 16,6 Juta orang. Sumber lain mengatakan bahwa ada 18 Juta sepeda di Belanda. Lebih dari satu sepeda per penduduk nya. Hal inilah yang menempatkan sepeda sebagai Negara dengan ‘penggila’ sepeda terbesar.

budaya bersepeda

Bagaimana dengan negara lain? berikut paparan data sepeda perkapitanya: Denmark diurutan dua dengan ~80,1%, Jerman diurutan tiga dengan ~75,8%, Swedia diurutan empat dengan ~63,7%, Norwegia diurutan lima dengan ~60,7%, Finlandia diurutan enam dengan ~60,4%, Jepang diurutan tujuh dengan ~56,9%, Swiss diurutan kedelapan dengan ~48,8%, Belgia diurutan sembilan dengan ~48%, barulah China berada diurutan kesepuluh dengan jumlah sepeda yang mencapai >37,2% dari total penduduknya yang mencapai 1,3 Milliar. Negara kita di urutan keberapa yah?

Leave a comment